Salin Artikel

Ada Benda Mirip Bom di Solo Saat Ada Acara G20, Ahli: Masyarakat Dilibatkan Cegah Terorisme

KOMPAS.com - Kepanikan warga sempat terjadi saat ada benda mirip bom di Jalan Arifin, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, pada Rabu (30/3/2022).

Boni (56), warga setempat yang pertama kali menemukan benda itu, mengaku sempat menendang benda tersebut karena dikira sampah.

Namun demikian, aparat kepolisian telah memastikan bahwa benda di dalam tas mencurigakan itu adalah semen dan benda-benda lainnya yang tak berbahaya.

Di sisi lain, Stanislaus Riyanta, pengamat intelijen dan terorisme, menjelaskan, kepanikan warga adalah salah satu tujuan aksi teror.

Dalam kondisi chaos itu, kelompok pelaku berusaha meraih tujuan mereka.

"Jika memang menimbulkan ketakutan, ada korban di masyarakat, dan ada tujuan-tujuan atau motif ideologi atau politik, maka bisa disebut dengan teror," katanya kepada Kompas.com, Rabu (30/3/2022).

Sementara itu, penemuan benda itu yang bersamaan dengan acara Group of Twenty di Solo juga perlu dipertimbangkan oleh aparat keamanan.


Alasannya, kata Stanislaus, pelaku atau dalang diduga memanfaatkan momentum acara berskala internasional itu agar mendapat perhatian.

"Aksi teror pasti akan memanfaatkan momentum, dan G20 adalah suatu momentum penting, jika teror bisa terjadi di saat G20 maka publikasinya akan besar dan eksistensi kelompok teror akan meningkat," katanya.

Butuh peran bersama

Stanislaus mengatakan, aksi terorisme tak hanya bisa dicegah atau dilawan oleh aparat keamanan. Peran masyarakat juga penting untuk dilibatkan untuk

"Intelijen banyak melakukan pencegahan, tetapi memang sumber daya yang terbatas masih memungkinkan adanya aksi teror yang tidak dapat dicegah. Supaya maskimal memang perlu peran aktif masyarkat agar deteksi dini dan cegah dini lebih optimal," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/31/175622778/ada-benda-mirip-bom-di-solo-saat-ada-acara-g20-ahli-masyarakat-dilibatkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke