Salin Artikel

Ramadhan, Pengamanan Lapas Terbuka Kendal Diperketat

“Kalau biasanya kegiatan napi sampai sore, pada bulan Ramadhan sampai malam, karena ada kegiatan tarawih dan tadarus,” kata Kepala Lapas Terbuka Kendal, Rusdedy, Rabu (30/2/2022).

Rusdedy, yang ditemui Kompas.com usai melakukan pelatihan pengamanan dan ketertiban di bulan Ramadhan, menambahkan selama Ramadhan beberapa pos penjagaan akan diperketat. Jika pada hari biasa dijaga sekitar 7 orang, pada bulan puasa nanti akan dijaga 11 petugas.

“Selama ini memang belum ada kejadian ada napi melarikan diri di bulan Ramadhan. Tapi kami tetap waspada,” ujar Rusdedy.

Rusdedy menambahkan, jumlah petugas di Lapas Terbuka ada 62 orang. Dari 62 petugas itu, yang sudah mendapatkan pendidikan kesamaptaan baru 4 orang, dan pelatihan dasar ada 2 orang.

Sisanya belum pernah, karena kebanyakan pegawai baru. Oleh sebab itu, aku Rusdedy, mulai hari ini, setiap bulan sekali pihaknya akan mengadakan pelatihan intern kepada pegawai Lapas Terbuka, dengan thema kemasyarakatan.

Tujuannya, agar petugas lebih disiplin dan lebih paham terhadap tugas pokok dan fungsi. Diantaranya perawatan tahanan dan pembinaan, pengamanan serta ketertiban

“Jumlah Napi di Lapas Terbuka ada 37 orang. Rencananya dalam waktu dekat ini akan ada tambahan. Mereka adalah napi yang melakukan asimilasi,” ujar Rusdedy.

Sementara, salah satu narasumber pelatihan, Mashudi, mengatakan kepala Lapas harus bertanggung terhadap pengamanan, penerimaan dan pembebasan napi.

Sebab setiap penghuni yang masuk dan bebas, harus sepengetahuan Kalapas. Sebab surat ditandatangani oleh Kalapas.

“Yang tanda tangan surat–surat kan, kepala Lapas. Ya, dia yang harus tanggung jawab,” kata Mashudi.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/31/005740878/ramadhan-pengamanan-lapas-terbuka-kendal-diperketat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke