Salin Artikel

Benda Mirip Bom Ditemukan Saat Ada Acara Pertemuan G20 di Solo, Apa Itu Aksi Teror?

KOMPAS.com - Penemuam benda mirip bom di Jalan Arifin, Kota Solo, membuat panik warga sekitar, Rabu (30/3/2022).

Menurut Boni (56), warga setempat, mengaku sempat menendang benda itu yang awalnya dikira sampah.

Saat itu Boni sedang berolahraga di pinggir Jalan Arifin, tak jauh dari Markas Detasemen Polisi Militer (Denpom) 4/1I Surakarta.

"Saya sempat menendang benda itu karena dikira sampah," kata Boni, di lokasi kejadian, Rabu.

Apa itu aksi teror?

Menurut Stanislaus Riyanta, pengamat intelijen dan terorisme, aksi teror pada dasarnya adalah menciptakan kepanikan dan ketakutan.

Dirinya menduga ada pihak tertentu yang hendak menciptakan keresahan di balik penemuan benda mirip bom di Kota Solo itu.

"Salah satu unsur dari teror adalah menciptakan rasa takut kepada masyarakat, dan penemuan benda tersebut menunjukkan ada pihak yang mencoba menciptakan rasa takut di masyarakat, hal tersebut adalah upaya teror," katanya kepada Kompas.com.

Selain itu, menurut Stanislaus, aksi teror pada umumnya memanfaatkan momentum yang bisa menarik perhatian agar mendapat publikasi.

"G20 adalah suatu momentum penting, jika teror bisa terjadi di saat G20 maka publikasinya akan besar dan eksistensi kelompok teror akan meningkat," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, polisi memastikan bahwa benda tersebut tidak berbahaya.

Tim Jihandak Polda Jawa Tengah segera dikerahkan untuk mengevakuasi benda tersebut.

"Beberapa barang yang ada dalam tas dan sudah dilakukan penguraian dan kemudian analisis oleh tim Jihandak Polda Jawa Tengah itu bukan barang berbahaya," ujar Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sendiri meminta warga untuk tidak panik.

"Tidak usah takut. Tenang saja ya, tenang saja. Pasti ada peningkatan kemanan. Semuanya lancar, sama Pak Kapolresta ya," kata Gibran,pada Rabu (30/3/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/03/30/180516678/benda-mirip-bom-ditemukan-saat-ada-acara-pertemuan-g20-di-solo-apa-itu-aksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke