Salin Artikel

Kementerian PUPR Peringati Hari Air Sedunia di Bendungan Randugunting Blora

Bendungan yang terletak di perbatasan Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati telah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 5 Januari 2022.

Wakil Menteri (Wamen) PUPR, John Wempi Wetipo menjelaskan alasannya memperingati puncak Hari Air Dunia di Bendungan Randugunting.

"Kalau dilaksanakan di sini supaya ada keadilan untuk semua, sama seperti sila kelima Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Wempi usai penanaman bibit pohon jati, Rabu (30/3/2022).

"Kita melakukannya di pinggir-pinggir supaya rakyat Indonesia tahu bahwa sesuai harapan pak presiden itu sudah kita kerjakan bukan hanya kita kerjakan di kota, tapi di pinggiran kota," imbuh dia.

Dengan peringatan HAD di Bendungan Randugunting kali ini, Wempi ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kegiatan yang telah dilakukan oleh PUPR.

Dalam kesempatan tersebut, Wempi ikut melakukan penebaran benih bibit ikan dan penanaman bibit pohon jati di sekitar bendungan.

"Di sekitar sini kan banyak pohon jati yang juga ditanam dari perhutani, tapi kita juga ajak warga masyarakat untuk pelestarian lingkungan, agar masyarakat ikut menanam jadi bukan hanya tugasnya perhutani tapi juga tugas kita semua," terang dia.

"Jadi infrastruktur yang terbangun dengan investasi yang mahal ini bisa bermanfaat untuk berkesinambungan bagi rakyat," jelasnya.

Sekadar diketahui, dalam peresmiannya waktu itu, Presiden Jokowi menyampaikan Bendungan Randugunting memiliki kapasitas volume tampung air 14,4 juta meter kubik yang dapat mengairi kurang lebih 650 hektar sawah yang berada di Kabupaten Blora, Pati, dan Rembang.

Bendungan Randugunting dengan luas genangan 187,19 hektar juga akan berfungsi untuk mereduksi banjir sebesar 75 persen atau sebesar 81 meter kubik per detik dengan pengurangan luas areal terdampak banjir dari 4.604 hektar menjadi 2.285 hektar.

Pembangunan Bendungan Randugunting berada di bawah tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air, Kementerian PUPR.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/30/124339378/kementerian-pupr-peringati-hari-air-sedunia-di-bendungan-randugunting-blora

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke