Salin Artikel

“Anak Kami, Pratu Wilson, Akan Menjadi Kisah dan Kenangan bagi Keluarga meski Tak Lagi Bersama”

KOMPAS.com - Jenazah Pratu Wilson Anderson Here tiba di rumah duka di Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (28/3/2022).

Pratu Wilson gugur dalam serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu (26/3/2022).

Isak tangis keluarga mengiringi kedatangan jenazah di rumah duka. Ibu Pratu Wilson, Josovina K Kadja, tampak meratapi kepergian putranya.

Perempuan yang kerap disapa Mama Ina ini tak menyangka bahwa putranya yang sudah lima tahun bertugas sebagai prajurit TNI, kembali ke rumah dalam keadaan meninggal dunia.

Ayah Pratu Wilson, Karel Here, mengatakan, kejadian yang menimpa anaknya merupakan takdir Tuhan, sehingga keluarga telah ikhlas menerimanya.

"Baginya kepergian anak kami, Pratu Wilson, menjadi kisah dan kenangan tersendiri bagi keluarga meski jasadnya tidak lagi ada bersama keluarga kami," ujarnya, Senin, dikutip dari Pos Kupang.

Karel menuturkan, beberapa saat sebelum serangan KKB, Wilson sempat meneleponnya. Kala itu, Wilson mengabarkan bahwa dirinya baru selesai berolahraga bola voli.

Beberapa jam kemudian, kabar duka itu datang.

"Kami dapat infomasi kalau anak kami meninggal Minggu 27 Maret 2022 sekitar pukul 02.00 Wita dini hari," ucapnya.

Karel menceritakan, sejak kecil, Wilson bercita-cita ingin jadi prajurit TNI.

"Anak saya ini berkeinginan menjadi prajurit TNI mengikuti jejak kakeknya yang juga berprofesi sebagai abdi negara TNI AL," ungkapnya.

Demi mewujudkan keinginannya, Wilson rajin berolahraga. Dia rutin lari pagi atau lari sore serta bermain sepak bola dan futsal.

Sewaktu mengikuti tes penerimaan calon prajurit TNI, Wilson tidak memberitahu kedua orangtua dan saudaranya.

"Wilson pergi daftar dan mengikuti tes penerimaan calon prajurit TNI AL tanpa memberitahukan kepada kami, dan setelah lulus tes dan siap jalani pendidikan barulah kami mengetahuinya. Sehingga, kami sebagai orangtua tetap memberikan dukungan penuh bagi Wilson atas pilihan hidupnya," tuturnya.

Karel menerangkan, Wilson resmi menjadi prajurit TNI AL pada tahun 2017 setelah menjalani pendidikan. Kemudian, ia ditempatkan di wilayah Sorong, Papua Barat.

Pada Agustus 2019, Wilson mendapat penugasan operasi di wilayah Timika. Penugasan itu direncanakan selesai pada Maret 2022.

Mendapat kenaikan pangkat

Pratu Wilson yang gugur dalam serangan KKB, mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi, yakni Praka Marinir (Anumerta).

Jenazah Praka Marinir (Anumerta) Wilson Anderson Here bakal dimakamkan di pekarangan rumah keluarga.

"Tempat pemakaman jenazah terletak di bagian belakang pekarangan rumah," terang Karel.

Pemakaman Praka Wilson akan digelar secara militer pada Rabu (30/3/2022).

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere | Editor: Andi Hartik, Pythag Kurniati), Pos-Kupang.com

https://regional.kompas.com/read/2022/03/29/065900778/-anak-kami-pratu-wilson-akan-menjadi-kisah-dan-kenangan-bagi-keluarga-meski

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke