Salin Artikel

7 Kecamatan di Kabupaten Magelang Terdampak Hujan Es dan Angin Kencang

Di wilayah tersebut, puluhan rumah rusak terutama pada bagian atap, dan banyak pohon yang tumbang.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono menyebutkan, tujuh wilayah tersebut antara lain Kecamatan Mertoyudan, Bandongan, Kaliangkrik, Tegalrejo, Candimulyo, Muntilan dan Salam.

“Angin kencang tadi terjadi di 7 kecamatan dan sampai saat ini baru assessment oleh BPBD di beberapa desa,” kata Edi, dihubungi wartawan Senin (28/3/2022) petang.

Dikatakan Edi, sampai saat ini petugas BPBD, bersama Organisasi Pengurangan Risiko Bencana (OPRB) dan pemerintah desa masing-masing, masih melakukan assessment di lokasi.

Untuk sementara, rata-rata kerusakan rumah di bagian atap akibat disapu angin dan tertimpa pohon.

“Sampai saat ini, BPBD, bersama OPRB dan pemdes masih melakukan penanganan di lokasi,” lanjut Edi.

Salah seorang warga Dusun Prajenan, Desa Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Ida Fitri menceritakan, hujan deras disertai es dan angin kencang di wilayahnya terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

“Kejadian jam 14.00 WIB, puting beliung dari arah barat. Saat itu, saya sedang jualan lotek di depan rumah lari menuju masjid. Genting rumah berserakan,” tutur Ida, ditemui di lokasi sekitar rumahnya.

Akibat kejadian itu atap rumahnya rusak, hingga hujan membasahi seluruh isi rumah. Dia dan keluarganya pun untuk sementara mengungsi ke rumah saudaranya tidak jauh dari lokasi tersebut.

“Itu rumah bapak kami juga genting terbawa angin. Bapak dan ibu mau nginap di rumah adik,” lanjut Ida.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras disertai es dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Magelang dan Kota Magelang, Senin (28/3/2022). Tidak sedikit fasilitas bangunan yang rusak, pepohonan tumbang, hingga air selokan yang meluap.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/28/215956478/7-kecamatan-di-kabupaten-magelang-terdampak-hujan-es-dan-angin-kencang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke