Salin Artikel

Jadi Penyangga Pangan IKN, Akan Ada 100.000 Hektar Sawah Baru di Tanah Bumbu Kalsel

Secara geografis, Tanah Bumbu cukup dekat dengan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), lokasi IKN Nusantara berada.

Jika ditempuh dengan jalur darat, hanya dibutuhkan waktu sekitar 8 hingga 10 jam perjalanan dari Tanah Bumbu ke IKN Nusantara.

Namun, jika rencana pemerintah pusat untuk menyambungkan Kaltim dan Kalsel dengan jalan tol terwujud, maka waktu tempuh akan semakin singkat.

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar telah memetakan potensi menguntungkan yang bisa didapat Tanah Bumbu sebagai gerbang IKN Nusantara.

Salah satu potensi itu salah satunya datang dari sektor pertanian.

Menurut Zairullah, Tanah Bumbu akan bisa memasok kebutuhan pangan ke IKN, khususnya padi.

"Untuk memuluskan rencana itu, kita akan menyiapkan 100.000 hektar lebih lahan persawahan baru," ujar Zairullah Azhar kepada Kompas.com, Senin (21/3/2022).

Agar 100.000 hektar lahan tersebut bisa berproduksi secara konsisten, maka, Pemkab Tanah Bumbu telah menyiapkan rencana pembangunan Bendungan Kusan yang nantinya akan mengairi lahan pertanian.

"Selain menjadi sumber pengairan persawahan, Bendungan Kusan sesuai risetnya akan menghasilkan listrik 110 megawatt. Itu artinya listrik juga bisa kita alirkan ke IKN," ucapnya.


Selain dari sektor pertanian, Pemkab Tanah Bumbu juga berencana membuka Balai Latihan Kerja (BLK) skala nasional. Rencana itu, ungkap Zairullah, telah disetujui oleh pemerintah pusat.

Lulusan BLK tersebut nantinya dipersiapkan untuk bersaing menjadi tenaga kerja di IKN dan tempat lain.

"Ini bisa mempersiapkan generasi muda untuk ikut terlibat dalam pembangunan kedepan," jelasnya.

Zairullah juga menyinggung bahwa Tanah Bumbu kini perlahan akan menjadi pusat industri di Kalsel.

Belakangan ini, sejumlah pabrik telah dan direncanakan akan dibangun oleh PT Jhonlin Grup yang merupakan perusahaan milik H Andi Syamsudin Arsyad atau H Isam.

"Ini tentu akan sangat mendukung pertumbuhan ekonomi secara nasional. Jika seluruhnya telah terbangun, akan ada 110.000 tenaga kerja yang bisa kita tampung," tambahnya.

Zairullah menambahkan, sebagai salah satu pintu gerbang IKN, Tanah Bumbu terus menggenjot pembangunan infrastruktur jalan.

Salah satu akan dikerjakan adalah pelebaran jalan nasional pinggir Pantai Pagatan sepanjang 10 kilometer.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/22/075437078/jadi-penyangga-pangan-ikn-akan-ada-100000-hektar-sawah-baru-di-tanah-bumbu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke