Salin Artikel

Terima Bantuan untuk Renovasi Rumah, Korban Angin Ribut Menangis

Ngesti yang menyerahkan amplop putih, terlihat memberi semangat kepada Arifin. Amplop tersebut berisi uang Rp 10 juta untuk bantuan perbaikan rumah Arifin yang rusak karena angin ribut pada Februari 2022.

"Iya bantuan ini untuk renovasi rumah yang rusak. Terima kasih atas bantuannya," ujarnya, Senin (21/3/2022) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang.

Selain Arifin, total ada 33 korban bencana yang mendapat bantuan uang tunai dari Pemkab Semarang. "Kita semua turut prihatin dan berempati dengan para korban bencana alam," jelasnya.

Ngesti mengungkapkan, kondisi geografis Kabupaten Semarang memang rawan bencana. "Di musim penghujan awal tahun ini, ada beberapa kejadian bencana alam yang menyebabkan kerugian material. Selain tanah longsor, ada pula angin ribut dan kebakaran," paparnya.

Dia juga mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan terutama yang berada di daerah rawan bencana. “Bantuan ini untuk meringankan beban para korban. Jumlahnya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan bersifat stimulan,” kata Ngesti.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang Maskuri melaporkan, bantuan sosial tahap pertama ini diberikan kepada 33 warga korban bencana.

"Besaran bantuan didasarkan pada kerugian atau kerusakan material yang dialami," ungkapnya.

Dikatakan, warga yang mengalami kerugian ringan mendapat Rp 3 juta sebanyak 26 orang, kerugian sedang sebanyak lima orang masing-masing mendapat Rp 5 juta dan kerugian materi kategori berat mendapat Rp10 juta sebanyak dua orang.

“Bantuan memang bersifat stimulan untuk memperbaiki tempat tinggal korban,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/21/202000778/terima-bantuan-untuk-renovasi-rumah-korban-angin-ribut-menangis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke