Salin Artikel

Sosiolog: Kita Dihadapkan pada Situasi yang Mesti Diubah, Tidak Hanya Soal Keyakinan, tapi Juga Kepentingan

KOMPAS.com - Keributan antarwarga terjadi di kawasan Jalan Pemuda, Kelurahan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (16/3/2022) sekitar pukul 23.30 WIB.

Keributan antarwarga itu dipicu gara-gara pengeras suara mushala.

Kejadian berawal saat seorang warga berinisial R protes karena pengeras suara mushala mengarah ke rumahnya. Saat itu, anaknya berusia tiga tahun sedang sakit.

Kemudian R meminta tolong agar pengeras suara tidak diarahkan langsung ke rumahnya.

Namun, protes R tidak diterima oleh warga lainnya sehingga terjadi selisih paham dan cekcok.

Sosiolog dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, Siti Zunariyah mengatakan, persoalan persepsi pada masyarakat tentang suara toa bisa beragam.


Situasi itu, sambungnya, sebenarnya sudah sering terjadi di banyak wilayah.

"Persoalannya hari ini kita dihadapkan pada situasi yang mesti diubah, karena masyarakat kita tidaklah tunggal, bahkan majemuk. Tidak hanya soal keyakinan, tapi juga kepentingan, dan negara menjamin soal itu," kata Siti melalui pesan WhatApps, kepada Kompas.com Sabtu (19/3/2022) sore.

Agar kejadian serupa tidak terjadi lagi, kata Siti, pentingnya duduk bersama dan membangun dialog untuk kemudian merumuskan kesepakatan bersama sehingga menjadi kata kunci penting.

"Kita akan belajar bertindak berdasar kebutuhan dan kepentingan bersama, bukan berdasarkan apa-apa yang dulu pernah nenek moyang kita lakukan," ujarnya.

"Disitulah bagian penting dari demokrasi, dan ini yang harus dibangun pada masyarakat lingkup paling bawah yang syarat dengan beragam situasi yang jadi kesepakatan antar wilayah atau daerah bisa jadi berbeda," sambungnya.

Soal pengeras suara diarahkan ke rumah warga, kata Siti, dalam hal ini pentingnya membangun kembali empati dan tepo seliro pada masyarakat.

Dari sanalah kata Siti sebenarnya proses saling menghargai dan menghormati berawal.

"Yang tidak boleh ketinggalan adalah peran lembaga sosial kelembagaan yang ada, bisa diperluas area jelajahnya pada isu-isu sosial kemasyarakatan tentang bagaimana membangun harmoni antar warga dengan beragam instrumen yang dia miliki," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/20/232556078/sosiolog-kita-dihadapkan-pada-situasi-yang-mesti-diubah-tidak-hanya-soal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke