Salin Artikel

Pratu R Kabur Gunakan Motor Anggota Brimob yang Ditembaknya hingga Tewas, lalu Sembunyi di Rumah Warga

Dalam insiden itu, komanda Pratur R berhasil selamat, sementara Prada R yang ditembak di bagian dada saat korban berusaha keluar dari Pos Satgas Desa Liang, Kecamatan Teon Nila Serua, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, mengalami luka.

Sedangkan Bharaka FA yang ditembak saat sedang melintas di sekitar pos, meninggal dunia.

Usai insiden itu, Pratu R kabur keluar daerah ke Kecamatan Elpaputih, Kabupaten Seram Bagian Barat, dengan menggunakan sepeda motor milik Bharaka FA. 

Pelaku kemudian bersembunyi di rumah warga sebelum akhirnya ditangkap oleh pihak kepolisian setempat.

“Pelaku dijemput oleh kapolsek dan anak buahnya lalu kemudian diserahkan ke anggota Denpom,” kata Kepala Satuan Brimob Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Guntur, saat dihubungi, Rabu.

Saat ditanya terkait kondisi pelaku yang diduga depresi, Guntur mengaku tak berwenang menjelaskan hal itu.


Meski begitu, ia menyebut, Pratu R tak sengaja menembak Bharakan FA dalam insiden itu.

“Bukan karena kesengajaan. Anggota juga menggunakan pakaian preman saat melintas di situ dan dia tidak tahu apa-apa,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Pratu R yang bertugas di Pos Satgas TNI BKO di Desa Liang, Kecamatan Waipia, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, menembaki komandannya, rekannya Prada R, dan seorang anggota Brimob Polda Maluku Bharaka FA pada Rabu.

Akibat penembakan itu, Prada R dirawat intensif di RSDU Masohi karena luka tembak di dada. Sedangkan Bharaka AF meninggal di lokasi kejadian.

Kepala Penerangan Kodam XVI Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogi Choiraul Fajar mengatakan, penembakan dilakukan Pratu R karena pelaku depresi.

“Pelaku saat ini berada di Sub Denpom Masohi dalam proses penyelidikan dan pemeriksaan kesehatan kejiwaannya karena diduga pelaku mengalami depresi akut sehingga melakukan tindakan yang mestinya tidak dilakukan,” ungkap Adi, kepada wartawan di markas Korem 151 Binaya, Ambon, Rabu (16/3/2022). (Penulis Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty | Editor Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2022/03/17/074840078/pratu-r-kabur-gunakan-motor-anggota-brimob-yang-ditembaknya-hingga-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke