Salin Artikel

Lokasi Jokowi Berkemah Endemis Malaria, Fogging Dilakukan Berkali-kali dan Larvasida Disebar

Karena itu, Tim Kesehatan Kemah Presiden di IKN melakukan beberapa pencegahan agar daerah itu terbebas dari nyamuk pembawa penyakit.

"Sejak H-5 tim kesehatan sudah berada di lokasi dan langsung aksi di kawasan kemah Presiden Jokowi dan rombongan," kata Koordinator Lapangan (Korlap) Tim Kesehatan Kemah Presiden Jokowi di IKN Nusantara dr Jansje Grace Makisurat di Sepaku, Senin (14/3/2022) seperti dilansir Antara.

Jansje mengatakan, lima hari sebelum kedatangan Jokowi, sudah dilepaskan briket larvasida atau pembasmi larva di kolam dan genangan air di sekitar lokasi kemah.

Lokasi kemah juga telah di-fogging pada H-5, H-3, dan H-2 sebelum Jokowi datang. Daerah yang diasapi berada dalam radius 50 meter dari titik nol kilometer IKN.

Telah dilakukan pula rapid diagnostic test (RDT) malaria, yakni pemeriksaan laboratorium yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit malaria.

"Pemeriksaan RDT malaria dilakukan kepada pekerja atau tukang di area perkemahan. Terdapat 32 orang yang telah kami periksa dan hasilnya negatif," ujar Jansje yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten PPU ini.

Jansje juga menyatakan, telah disiapkan ICU mini di tiga titik acara yakni di area perkemahan, Titik Nol IKN Nusantara, dan di SDN 004 Sepaku yang dijadikan sebagai lokasi vaksinasi.


SDN 004 Sepaku ini berpotensi dikunjungi Jokowi untuk memantau kegiatan vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 bagi siswa SD.

Diperkirakan ada 500 siswa yang divaksin dengan jam yang berbeda untuk menghindari kerumunan.

Jansje juga telah menyiagakan tim kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Aji Putri Botung (RSUD RAPB) di Posko Titik Nol IKN.

"Kami juga menyiapkan kelambu, menyiapkan tim vaksinator dari Puskesmas Sepaku 1, Puskesmas Sepaku 3, dan Puskesmas Semoi 2, kemudian menyiapkan tim swaber untuk melaksanakan swab PCR bagi petugas di Ring 1," ujar Grace.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/14/120442178/lokasi-jokowi-berkemah-endemis-malaria-fogging-dilakukan-berkali-kali-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke