Salin Artikel

Satukan Air dan Tanah di IKN, Jokowi: Pekerjaan dan Cita-cita Besar Segera Mulai

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membeberkan makna dari penyatuan air dan tanah dari 34 provinsi di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kalimantan Timur, pada hari Senin (14/3/2022).

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para gubernur, ini merupakan bentuk dari Kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun ibu kota nusantara ini," ujar Jokowi.

Dalam pidato sambutannya, Jokowi juga menegaskan, proses penyatuan air dan tanah itu sebagai tanda pembangunan IKN segera dimulai.

Pembangunan IKN, kata Jokowi, merupakan cita-cita dan pekerjaan besar bagi Bangsa Indonesia.

Dirinya pun berterima kasih kepada sejumlah pihak yang terlibat dalam proses pembangunan IKN.

"Pada hari ini Senin 14 Maret 2022, kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar, yang akan kita segera mulai yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi di lokasi acara, seperti dilansir dari Kompas TV.


Dilansir dari Antara, usai prosesi tersebut Presiden dan para gubernur diagendakan melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer.

Dalam kesempatan tersebut, masing-masing gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing.

Pada malam harinya, Presiden direncanakan untuk bermalam di lokasi IKN untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya pada Selasa (15/3). (Robertus Belarminus).

https://regional.kompas.com/read/2022/03/14/101613178/satukan-air-dan-tanah-di-ikn-jokowi-pekerjaan-dan-cita-cita-besar-segera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke