Salin Artikel

Patung Jokowi Naik Motor di Sirkuit Mandalika Anti Karat dan Bisa Bertahan Ratusan Tahun

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com- Patung presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai sepeda motor akhirnya terpasang di Sirkuit Mandalika, Minggu (13/3/2022)

Patung seberat sekitar tiga ton ini terpasang di sebelah kanan pintu masuk sirkuit Mandalika.

Patung diangkat menggunakan mobile crane untuk diletakkan di pijakan.

Juru Bicara seniman yang membuat patung, Djuki Ridwan menyebutkan, patung Presiden Jokowi tersebut dibuat menggunakan perunggu dan kuningan.

"Bahannya dari perunggu dan kuningan, strukturnya pakai stensil, berat kurang lebih 3 ton, lama pengerjaan sih nunggu 2 sampai 3 minggu," kata Djuki usai pemasangan patung.

Dikatakan Djuki, patung tersebut bisa anti karat dan dapat bertahan sampai ratusan tahun.

"Anti karat, kalau dari pengalaman- pengalaman kita dari perunggu ini, dahulu zaman kerajaan Majapahit, bisa ratusan tahun bertahan," kata Djuki.

Selama proses pengangkutan hingga proses pemasangan, pihaknya tidak memiliki kendala yang terlalu banyak, dan dipastikan Minggu proses akan pemasang akan terselesaikan hanya sehari.

Sementara itu, pemasangan patung Jokowi tersebut dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkieflimansyah menyebutkan, akan banyak wisatawan yang berfoto di Patung Jokowi seperti di beberapa tempat lain.

"Ini nantinya akan digunakan untuk foto-foto, kalau di bandara Pak Jokowi pakai sepeda atau motor aja banyak yang foto, saya kira di sini lebih ramai lagi," kata Zul, sapaan akrab gubernur.

Zul menyebutkan, kawasan Mandalika tidak hanya digunakan untuk event MotoGP, namun juga akan ada sport event besar lainnya di KEK Mandalika seperti World Superbike  (WSBK) Indonesia Asian Talent Cup (IATC).

"Rencana pemerintah ke depan nanti akan dikembangkan bukan hanya untuk sirkuit tapi kegiatan untuk otomotif," kata Zul.

Sebelumnya, patung Presiden Jokowi menaiki sepeda motor dibuat oleh Nyoman Nuarta, seorang seniman pematung senior asal Tabanan Bali yang telah menorehkan banyak prestasi dan karya.

Dalam proses pengerjaan Nyoman dibantu dengan  20 orang pekerja.

Adapun material patung tersebut terbuat dari bahan tembaga dan kuningan, mempunya ukurannya 670 x 185 x 390 sentimeter.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/13/105936778/patung-jokowi-naik-motor-di-sirkuit-mandalika-anti-karat-dan-bisa-bertahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke