Salin Artikel

Putra Asli Papua Masuk Keanggotaan Asian African Youth Government

Papua Barat, KOMPAS.com - Rahman Fatur, putra asal Distrik Karas, Kabupaten Fakfak Papua Barat berhasil masuk dalam keanggotaan Asian African Youth Goververnment (AAYG) atau Pemuda Asia Afrika.

"Ini tentu sebuah kebanggaan bagi saya dan kedua orangtua yang telah membesarkan saya, sehingga tidak sangka bisa masuk dalam keanggotaan Pemuda Asia Afrika," kata Rahman Fatur, Sabtu (12/3-2022)

Rahman masuk dalam keanggotaan Pemuda Afrika periode 2021-2026 yang dipimpin Saddam A-ljihad.

Dia kemudian dilantik menjadi pengurus AAYG oleh MPR RI Bambang Soesatyo di Senayan, Jakarta pada Jumat (11/3/2022).

"Sebagai Putra asli Papua yang satu-satunya diberi kepercayaan di Keanggotaan yang menghimpun Negara-negara di dua benua ini, bagi saya merupakan pencapaian yang baik," ungkap Rahman.

Menurutnya, untuk menjadi pengurus AAYG bukanlah hal yang mudah. Bagi Rahman, ada beban morel yang ditanggungnya sebagai anak asli Papua.

"Saya sangat bangga karena tidak mudah bisa dipercaya menjadi pengurus AAYG. Kehadiran saya sebagai pengurus di sini tentu menjadi beban morel tersendiri sebagai anak asli Papua yang harus mampu berkontribusi terhadap dunia, bangsa dan terkhusus negeri saya tercinta, Papua," katanya.

Dalam kepengurusan anggota Pemuda Asia Afrika tersebut, Rahman bertugas di bagian Tresurer AAYG Secretariat Office Indonesia.

Sebagai Pemuda yang berasal dari Papua Barat, Rahman tentu menjadikan persoalan yang saat ini ada di Tanah Papua sebagai Pekerjaan Rumah

"Hal itu menjadi PR besar untuk saya dalam 5 tahun kedepan sebagai pengurus Pemerintahan Pemuda Asia-Afrika," kata Fatur yang masih aktif sebagai Mahasiswa Pasca Sarjana yang fokus mengambil Program Hubungan Internasional (Hubinter) di Universitas Paramadina, Jakarta.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/12/194647878/putra-asli-papua-masuk-keanggotaan-asian-african-youth-government

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke