Salin Artikel

Presiden Jokowi Hadiri Pengukuhan KGPAA Mangkunegara X

Pantauan Kompas.com, Jokowi yang mengenakan jas warna hitam datang di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, sekitar pukul 11.51 WIB.

Setiba di Puro Mangkunegaran, mantan wali kota Solo itu langsung bertemu dengan KGPAA Mangkunegara X.

Terlihat Jokowi memberi ucapan atas kenaikan tahta Gusti Bhre.

Setelah bertemu KGPAA Mangkunegara X, Jokowi langsung duduk di antara Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Raja Keraton Kasunanan Surakarta SISKS Pakubuwono XIII.

Setelah duduk sekitar beberapa menit, Jokowi langsung berpamitan dengan KGPAA Mangkunegara X dan kerabat Puro Mangkunegaran lainnya.

Saat hadir di Puro Mangkunegaran, Jokowi didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi.

Sebelumnya, dalam Sabda Dalem atau sambutan yang disampaikan KGPAA Mangkunegara X menyebut pentingnya sinergitas Puro Mangkunegaran dan pemerintah.

"Saya mengajak seluruh insan masyarakat Mangkunegaran dan Indonesia, khususnya Surakarta, untuk bersama-sama mengamalkan nilai-nilai luhur yang diajarkan kepada kita," katanya.

"Melestarikan, dan terus mengembangkan kebudayaan Mangkunegaran sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perjalanan peradaban bangsa kita. Tentunya untuk bekerja dan memberikan kontribusi nyata dan bermakna bagi nusa dan bangsa Indonesia," lanjutnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/03/12/135850878/presiden-jokowi-hadiri-pengukuhan-kgpaa-mangkunegara-x

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke