Salin Artikel

Mantan Bupati Pegunungan Bintang Wellington Wenda Meninggal

Wellington menjabat sebagai Bupati Pegunungan Bintang selama dua periode, pada 2005-2010 dan 2010-2015. Ia tak hanya dikenal sebagai kepala daerah, tetapi juga tokoh pemekaran dan pembangunan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Wellington lahir di Wamena pada 18 November 1954. Ia berpulang pada usia 68 tahun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang drg Aloysius Giay menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Bupati Wellington Wenda.

“Mewakili pemerintah daerah dan masyarakat di Pegubin kami mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Bapak Wellington Wenda,” kata Giay saat dikonfirmasi Kompas.com melalui ponsel, Jumat (11/03/2022).

“Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan penghiburan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ucapnya dengan nada sedih.

Pahlawan Pembangunan

Lebih lanjut, kata Giay, sosok Wellington Wenda sudah dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pembangunan selama memimpin Kabupaten Pegunungan Bintang selama dua periode.

"Bapak Wellington Wenda mereka (masyarakat) anggap sebagai pahlawan pembangunan, perintis, letakan fondasi Kabupaten Pegubin dari tahun 2003 sebagai karakteker hingga menjabat bupati definitif tahun 2005-2015,” katanya.

Oleh karena itu, Giay mengatakan, warga Kabupaten Pegubin menyampaikan duka cita yang mendalam atas kepergian pahlawan pembangunan yang selama ini telah berjasa.

“Bapak Wellington Wenda sangat dikenang hingga saat ini sebagai sosok yang luar biasa bagi masyarakat di Pegubin,” ujarnya.


Giay mengakui selama menjabat sebagai Sekda Pegubin kurang lebih lima bulan, dirinya mendapatkan kesan yang positif mengenai sosok Wellington Wenda.

“Bapak Wellington Wenda sosok yang hingga kini masih dikenang oleh masyarakat Pegubin,” ucapnya.

Giay menyatakan, Pemkab Pegunungan Bintang akan berpartisipasi dan ikut menanggung semua proses penjemputan jenazah almarhum hingga pemakaman.

“Pemerintah Pegubin akan berpartisipasi dan menanggung semua proses penjemputan jenazah hingga pemakaman yang akan berlangsung,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/11/170357178/mantan-bupati-pegunungan-bintang-wellington-wenda-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke