Salin Artikel

Viral, Video Lautan Manusia di Lubuklinggau, Ternyata Antrean Minyak Goreng yang Digelar Pemda

Dari video berdurasi 28 detik yang diunggah akun akun Twitter @QaillaAsyiqah, tampak warga tengah mengantre di sebuah lapangan terbuka.

Terlihat juga ada anak-anak ikut mengantri di dalam kerumunan.

Dalam caption unggahan dijelaskan bahwa peristiwa itu terjadi di Gor Megang Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Kamis (10/3/2022).

Penjelasan polisi

Kapolres Lubuk Linggau AKBP Harissandi membenarkan bahwa kerumunan warga yang mengantre minyak goreng berada di Lubuklinggau.

Haris mengaku petugas langsung menghentikan operasi pasar itu karena antrean yang membludak serta warga yang tak menaati protokol kesehatan.


“Kemarin kami hentikan sementara karena kondisinya sudah tidak kondusif karena warga juga sudah tidak patuh prokes lagi,” kata Haris saat dihubungi, Jumat (11/3/2022).

Haris mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Perindustrian dan Perdagangan Kota Lubuklinggai dalam menggelar operasi pasar.

Salah satunya adalah opsi memberikan kupon khusus bagi warga yang mengikuti operasi pasar murah agar tidak terjadi kerumunan.

Namun, melihat peristiwa yang terjadi kemarin, polisi dan pemda akan mencari cara lain agar  tak terulang.

Penjelasan Pemda

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Lubuklinggau Surya Darma menjelaskan, operasi pasar minyak goreng digelar di delapan titik di Lubuklinggau.

Namun, mereka harus melakukan penundaan di dua kecamatan, yakni Lubuklinggau Barat I dan Kecamatan Lubuklinggau Utara I, karena situasi yang sudah tidak kondusif.

“Antusias warga sangat tinggi sehingga terjadi kerumunan ini. Kami sudah membagikan kupon dalam pembelian. Hanya saja, warga masih berdesakan sehingga kemarin terpaksa kami tunda sementara waktu berdasarkan keputusan dari Forkopimda,” jelasnya. (Penulis Kontributor Palembang, Aji YK Putra | Editor Gloria Setyvani Putri)

https://regional.kompas.com/read/2022/03/11/131301478/viral-video-lautan-manusia-di-lubuklinggau-ternyata-antrean-minyak-goreng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke