Salin Artikel

Omicron Mulai Menyebar ke 3 Daerah di Papua Barat

PAPUA BARAT, KOMPAS.com - Kasus Covid-19 varian Omicron ditemukan di Kabupaten Sorong, Manokwari, dan Teluk Bintuni Papua Barat.

Juru Bicara Satgas Covid-19 dr. Arnold Tiniap mengatakan, temuan kasus di tiga daerah ini mengindikasikan penyebaran varian itu bergerak cukup eskalatif.

"Dari hasil pemeriksaan laboratorium di Jayapura dan di Bintuni ditemukan beberapa warga terinfeksi Omicron," tutur Tiniap, Jumat (11/3/2022).

Arnold menjelaskan, dari 18 sampel yang dikirim ke lab kesehatan Jayapura, 10 sampel dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron.

Sementara 8 sampel sisanya dinyatakan rusak karena tidak dapat terbaca.

Selain itu, 10 sampel lain dikirim ke laboratorium kesehatan di Kabupaten Teluk Bintuni dan hasil yang didapat ternyata tujuh sampel dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron.

"Jadi selain Manokwari, varian Omicron juga telah ada di Bintuni, berdasarkan pemeriksaan sampel warga di lab kesehatan milik pemkab," katanya.

Ia mengatakan, saat ini Bintuni telah memiliki laboratorium yang mampu memeriksa dan mengidentifikasi varian Omicron sehingga lebih memudahkan kabupaten kota lainnya di Papua Barat untuk memeriksakan sampel mereka di sana.

"Dengan temuan tersebut, saat ini Covid-19 varian Omicron resmi telah ada di tiga kabupaten. Artinya masyarakat harus lebih waspada. Lebih disiplin prokes dan harus mau divaksin," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/11/124542778/omicron-mulai-menyebar-ke-3-daerah-di-papua-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke