Salin Artikel

Tujuh Kurir dan Pengguna Sabu Ditangkap, Dua di Antaranya Positif Covid-19

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika HA mengatakan, ketujuh tersangka tersebut ditangkap dalam Operasi Bersinar Candi 2022.

"Kita menargetkan ungkap empat kasus. Namun dalam perjalanannya ada enam kasus dengan tujuh tersangka yang ditangkap. Barang bukti sabu yang diamankan total seberat 10,54 gram," jelasnya.

Yovan mengatakan modus yang dilakukan para pelaku tersebut seragam meski mereka berbeda jaringan.

"Mereka masih kategori pemakai dan kurir, belum ada yang bandar. Ini masih penyelidikan untuk mengungkap bandar yang mengendalikan peredaran sabu," jelasnya.

Dikatakan, Kabupaten Semarang menjadi sasaran daerah peredaran sabu karena memiliki banyak tempat hiburan dan wisata. "Kita tidak bisa bergerak sendiri, sehingga butuh dukungan elemen lain untuk memberantas peredaran narkoba," kata Yovan.

Dia mengatakan, selain penegakan hukum juga dilakukan pendekatan preventif dengan melakukan sosialiasi ke sekolah dan komunitas masyarakat lain.

"Ini kan bahaya, sabu satu gram harganya Rp 900.000, jika mereka tak bekerja bisa mencuri, merampok, menggadaikan barang. Jadinya kriminal semua," tegasnya.

Kasat Narkoha Polres Semarang, Iptu M. Aditya Perdana mengungkapkan tersangka yang ditangkap adalah Ipung Pia Banan (35) warga Temanggung, Winarto (36) warga Kabupaten Semarang. Selanjutnya Zefanya Wardana Saputra dan Abel Yukawijaya, keduanya warga Kota Salatiga.

Selanjutnya, Musrakim (29) warga Kabupaten Pekalongan, Muhadi (33) warga Kabupaten Semarang, dan Rudi Sugiyarto (30) warga Kabupaten Semarang.

"Mereka dijerat Pasal 112 UU Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," kata Aditya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/08/164858078/tujuh-kurir-dan-pengguna-sabu-ditangkap-dua-di-antaranya-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke