Salin Artikel

Hampir Sepekan Usai Serangan KKB, 8 Jenazah Pekerja yang Tewas Ditembaki Akhirnya Berhasil Dievakuasi

Delapan korban pekerja PT. PTT menjadi korban penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Nau Waker, pada Rabu (2/3/2022) dini hari.

"Tim berangkat jam 07.30 WIT tadi pagi dengan sembilan personel dengan menggunkan empat heli, tiga heli sipil dan satu heli penerbad," ujar Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Muhammad Firman, melalui keterangan tertulis, Senin.

Menurutnya, tak ada kendala dalam proses evakuasi.

"Selama proses evakuasi berjalan lancar dan tidak ada gangguan baik cuaca maupun gangguan situasi di sana," ujarnya.

Dibawa ke RSUD Timika

Sebelum diterbangkan ke Timika, ke delapan jenazah sempat diterbangkan ke Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

Kini jenazah telah diberangkatkan ke RSUD Timika untuk dilakukan visum.

"Selanjutnya dilakukan visum di RSUD, untuk lebih jelasnya nanti kami akan coba jelaskam bersama dari dokter yang melakukan visum," kata Firman.


Sebelumnya diberitakan, delapan orang yang terdiri dari anak kepala suku dan pekerja jaringan telekomunikasi tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (2/3/2022).

Para pekerja itu tewas ditembaki saat sedang memperbaiki Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel yang lokasinya berada di ketinggian dan belum terdapat akses jalan darat.

Salah seorang pekerja berinsial NS berhasil selamat dan mengirimkan kode bahaya melalui kamera CCTV di lokasi Tower BTS 3.

"Hal tersebut terlihat melalui rekaman CCTV Tower PTT bahwa salah seorang Karyawan PTT yang selamat bernama NS dan meminta bantuan penyelamatan di Tower BTS 3," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga, melalui keterangan tertulis, Kamis (3/3/2022).

Saat ini tim telah mengevakuasi NS yang trauma ke Timika. Menyusul kemudian tim mengevakuasi delapan jenazah yang diserang KKB.

Tembak anggota TNI

Kemudian pada Kamis (4/3/2022), KKB juga menembaki 12 personel Pos Koramil Dambet yang sedang melaksanakan patroli sekaligus memperbaiki saluran air.

"Dari laporan Satgas ada sekitar 15 orang KKB dan ada yang membawa senjata laras panjang sebanyak 3 pucuk," tambahnya.

Kontak senjata  terjadi beberapa saat dan personel Pos Koramil Dambet berhasil menghalau KKB mundur menuju ke arah Kampung Ogamki, Distrik Beoga.

Satu personel TNI atas nama Pratu Herianto mengalami luka tembakan pada bagian leher bawah telinga dan dievakuasi ke Mimika pada Jumat (4/3/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/03/07/115731178/hampir-sepekan-usai-serangan-kkb-8-jenazah-pekerja-yang-tewas-ditembaki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke