Salin Artikel

KKB Pembantai 8 Pekerja PTT di Beoga, Papua, Diperkirakan 10 Orang

JAYAPURA, KOMPAS.com - NS, pekerja PT Palapa Timur Telematika (PTT) yang selamat dari penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, telah dievakuasi ke Timika, Sabtu (5/3/2022).

Dari keterangan NS, kini aparat keamanan telah memiliki gambaran mengenai jumlah para penyerang yang diyakini adalah KKB pimpinan Nau Waker.

"Pelaku diperkirakan 10 orang, sebagian besar bawa parang dan senjata api," ujar Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Muhammad Firman, melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Ketika datang di kamp, KKB dikatakan NS langsung menyerang ia dan delapan rekannya.

Nahas bagi rekan-rekan NS tidak sempat menyelamatkan diri.

"Korban (NS) menyampaikan dirinya sendiri yang berhasil kabur," ujar Firman.

Situasi keamanan di Beoga kembali terganggu setelah 8 pekerja jaringan telekomunikasi tewas ditembak KKB di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (2/3/2022).

Para korban tewas ketika sedang memperbaiki Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel yang lokasinya berada di ketinggian dan belum terdapat akses jalan darat.

"Akibat dari penyerangan tersebut, 8 orang karyawan PTT meninggal dunia, hal tersebut terlihat melalui rekaman CCTV Tower PTT bahwa salah seorang karyawan PTT yang selamat bernama NS dan meminta bantuan penyelamatan di Tower BTS 3," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga, melalui keterangan tertulis, Kamis (3/3/2022).


Kemudian pada Kamis (4/3/2022), 12 personel Pos Koramil Dambet sedang melaksanakan patroli sekaligus memperbaiki saluran air dengan jarak dari Pos Koramil sekitar 50 meter.

Saat memperbaiki saluran air itulah tiba-tiba KKB menyerang dan menembaki anggota TNI yang sedang berpatroli.

"Dari laporan Satgas ada sekitar 15 orang KKB dan ada yang membawa senjata laras panjang sebanyak 3 pucuk," tambah dia.

Kontak senjata sempat terjadi beberapa saat dan personel Pos Koramil Dambet berhasil mengusir dan menghalau KKB mundur menuju ke arah Kampung Ogamki, Distrik Beoga.

Aqsha menyebut, akibat kontak senjata tersebut, satu personel TNI atas nama Pratu Herianto mengalami luka terkena tembakan pada bagian leher bawah telinga dan saat ini kondisi masih dalam keadaan sadar dan telah dievakuasi menuju Puskesmas Beoga.

Pada Jumat (4/3/2022), Pratu Herianto dievakuasi menggunakan pesawat kecil ke Kabupaten Mimika dan kini telah dirawat di RSUD Mimika.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/05/173058178/kkb-pembantai-8-pekerja-ptt-di-beoga-papua-diperkirakan-10-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke