Salin Artikel

Pekerja yang Selamat dari Serangan KKB di Puncak Papua Berhasil Dievakuasi ke Timika

JAYAPURA, KOMPAS.com - Satgas Operasi Damai Cartenz berhasil mengevakuasi NS, seorang pekerja PT Palapa Timur Telematika (PTT), yang selamat dari serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Tower 3, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Proses evakuasi dilakukan menggunakan helikopter dari Bandara Moses Kilangin, Kabupaten Mimika.

"Iya, NS sudah berhasil dievakuasi ke Timika," ujar Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (5/3/2022).

Untuk delapan rekan NS, sambung Faizal, dipastikan telah tewas dan saat ini tim sedang berusaha mengevakuasi jasad mereka.

"Delapan pekerja yang tewas masih di lokasi, kita berusaha mengevakuasi secepatnya," kata dia.

Diketahui, situasi keamanan di Beoga kembali terganggu dan menyebabkan delapan pekerja jaringan telekomunikasi tewas akibat ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Rabu (2/3/2022).

Korban tewas diserang ketika sedang memperbaiki Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel yang lokasinya berada di ketinggian dan belum ada akses jalan darat.

"Akibat dari penyerangan tersebut, delapan orang karyawan PTT meninggal dunia, hal tersebut terlihat melalui rekaman CCTV tower PTT bahwa salah seorang karyawan PTT yang selamat bernama NS dan meminta bantuan penyelamatan di tower BTS 3," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga melalui keterangan tertulis pada Kamis (3/3/2022).

Saat sedang memperbaiki saluran air itulah tiba-tiba KKB menyerang dan menembaki anggota TNI yang sedang berpatroli.

"Dari laporan Satgas ada sekitar 15 orang KKB dan ada yang membawa senjata laras panjang sebanyak tiga pucuk," tambahnya.

Kontak senjata sempat terjadi beberapa saat dan personel Pos Koramil Dambet berhasil mengusir dan menghalau KKB mundur menuju ke arah Kampung Ogamki, Distrik Beoga.

Aqsha menyebut, akibat kontak senjata tersebut, satu personel TNI atas nama Pratu Herianto mengalami luka terkena tembakan pada bagian leher bawah telinga dan saat ini kondisi masih dalam keadaan sadar dan telah dievakuasi menuju Puskesmas Beoga.

Pada Jumat (4/3/2022), Pratu Herianto dievakuasi menggunakan pesawat kecil ke Kabupaten Mimika dan kini telah dirawat di RSUD Mimika.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/05/120326078/pekerja-yang-selamat-dari-serangan-kkb-di-puncak-papua-berhasil-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke