Salin Artikel

Gibran Ungkap Kedekatan Komunikasi dengan GPH Bhre Cakrahutomo, Calon Mangkunegara X

Gibran menceritakan sebelum pengumuman penetapan penerus takhta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX, dirinya telah mendapatkan kabar secara langsung dari Gusti Bhre.

Adapun pengumuman Gusti Bhre bakal menyandang gelar KGPAA Mangkunegara X dilaksanakan Selasa (1/3/2022), di Pendopo Timur Puro Mangkunegaran.

"Gusti Bhre dua hari lalu (sehari sebelum pengumuman) telepon saya, menyampaikan undangan (Jumeneng Dalem)," kata Gibran kepada Kompas.com, di Balai Kota Solo, Rabu (2/3/2022).

Lanjut, Gibran mengaku telah mendapatkan prosesi kenaikan takhta dengan tata cara adat Jumeneng Dalem pada Sabtu (12/3/2022), sekitar pukul 10.00 WIB, di Puro Mangkunegaran.

Tak hanya itu, Gibran menjelaskan beberapa kali telah bertemu dengan Gusti Bhre dan menuji atas kreativitasnya.

"Pas ketemu langsung kemarin beliau sudah ada konsep pengembangan pariwisata di Pura Mangkunegaran," jelas Gibran.

"Kalau saya lihat Gusti Bhre ini kreatif sekali," lanjutnya.

Dengan kreativitas GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, Gibran berharap Puro Mangkunegaran bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dengan lebih baik lagi.

"Saya menyambut baik lah. Moga-moga ke depannya bisa bersinergi dengan Pemkot Solo," kata Gibran.

Selain Puro Mangkunegaran telah mengumumkan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, di sisi lain Keraton Solo juga mengumandangkan KGPH Purubaya dinobatkan sebagai Putra Mahkota Keraton Solo.

Gibran berencana akan mempertemukan keduanya dalam diskusi membangun Kota Solo. "Nanti saya akan ketemu lagi, dengan Gusti Bhre dan Gusti Purubaya," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/03/092047478/gibran-ungkap-kedekatan-komunikasi-dengan-gph-bhre-cakrahutomo-calon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke