Salin Artikel

Persiapan Pengangkatan GPH Bhre sebagai KGPAA Mangkunegara X Telah Berlangsung

Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran KRMT Lilik Priarso mengatakan, prosesi kenaikan tahta dengan tata cara Jumeneng Dalem adat Mataram Islam akan dilaksanakan pada Sabtu (12/3/2022) sekitar 10.00 WIB di Puro Mangkunegaran.

Pantuan Kompas.com di Puro Mangkunegaran, telah berlangsung beberapa persiapan, satu di antara para penari melakukan latihan tari Bedhaya Anglir Mendung.

Tarian Bedhaya Anglir Mendung merupakan tarian wajib saat acara adat Jumeneng Dalem Mangkunegaran, yang diciptaan pangeran Sambernyawa atau KGPAA Mangkunegara I, sebagai pengingat perjuangannya.

Lilik menjelaskan sebelum proses Jumeneng Dalem, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo ada beberapa ritual adat yang harus dipenuhi.

"Malam sebelum Jumeneng, akan melakukan tradisi Widodaren, serta acara-acara ritual lainnya khusus kalangan Puro Mangkunegaran yang mengetahui," jelasnya.

Sebelum diumumkan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo telah mempelajari trandisi Mangkunegaran.

Serta diberikan amanah oleh KGPAA Mangkunegara IX untuk mengikuti beberapa tradisi untuk mengantikan dirinya dalam keadaan sakit.

"Dua kali mengantikan KGPAA Mangkunegara IX mengikuti Jamasan Pusaka, pada 2020 dan 2021. Serta diberikan amanah mengawasi proyek perbaikan Puro Mangkunegaran," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/02/124005278/persiapan-pengangkatan-gph-bhre-sebagai-kgpaa-mangkunegara-x-telah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke