Salin Artikel

Sosok Indra Kenz, "Crazy Rich" Medan yang Jadi Tersangka Kasus Binomo, Pernah Jadi Penyiar Radio

Ia ditetapkan sebagai tersangkan setelah diperiksa selama 7 jam oleh penyidik Bareskrim Polri di Jakarta.

Sebagai barang bukti, petugas mengamankan akun media sosil Youtube Indea dan bukti transfer.

Indra ditetapkan sebagai tersangka setelah dilaporkan 8 korban yang menggunakan aplikasi Binomo. Lalu siapakan sosok Indra Kenz?

Dikenal sebagai Crazy Rich Medan

Dikutip dari Kontan.co.id, Indra Kenz lahir di Rantauprapat, Sumatera Utara pada 31 Mei 1996 dengan nama Indra Kesuma.

Ia adalah lulusan jurusan Teknik di Universitas Prima Indonesia, Medan tahun 2018.

Indra Kenz dikenal dengan julukan crazy rich Medan karena punya banyak usaha dari kursus trading, klinik kecantikan, usaha makanan, clothing line dan masih banyak lainnya.

Ia juga pemilik PT Disotiv Citra Digital, perusahaan dengan usaha di bidang dunia kreatif seperti digital marketing dan videografi.

Memulai karir di usia 16 tahun, Indra Kenz mengaku sempat berjualan online, menjadi penyanyi kafe, pengamen hingga jadi sopir taksi.

Ia juga mengaku pernah menjadi penyiar radio, pembawa acara atau MC serta sempat ikut ajang pencarian bakat The Voice Indonesia pada tahun 2018.

Tak hanya itu. Ia juga pernah menjadi pegawai asuransi serta berjualan jam tangan mahal.

Di usia muda, ia pernah menjajal sebagai investor, namun bangkrut karena kena tipu. Ia pun belajar seluk beluk investasi di pasar keuangan.

Namanya terus melesat setelah mengukuhkan diri sebagai content creator. Ia pun kerap diundang di banyak acara televisi nasional.

Di konten-konten yang dibuat, ia kerap memamerkan kehidupan mewahnya di media sosial mulai dari Youtube, TikTok hingga Instagram.

Pada Januari 2021, ia mengunggah sebuah konten saat ia membeli mobil Tesla Model 3 Seharga Rp 1,5 miliar pada jam 3.00 dini hari.

Di video yang diunggah pada 10 Januari 2021, ia mengaku membeli mobil itu karena iseng saat tak bisa tidur.

Masih di Januari 2021, ia membuat konten membeli mobil Toyota Supra GR seharga Rp 2,7 miliar. Ia mengaku membeli Supra karena sama dengan merek motor pertama yang ia miliki saat sekolah.

Pada 2 September 2021, Ia juga mengunggah tangkapan layar bukti transfer Rp 50 juta kepada Lord Adi, juara tiga MasterChef Indonesia Season 8.

Ia menyebut uang Rp 50 juta itu adalah kado ulang tahun Lor Adi yang ke-42.

Tak hanya itu. Indra Kenz juga sempat viral karena memberikan penawaran tertinggi untuk lelang jam tangan Rolex Yacht Master (Oyster Perpetual) 2018 milik YouTuber Jess No Limit.

Indra Kenz menawar dan membeli Rolex Jess No Limit seharga Rp 260 juta pada awal 2020. Jess pun menyalurkan uang hasil lelang untuk donasi penanganan Covid-19.

Ia memiliki slogan andalan "wow, murah banget" setiap kali membeli barang dengan harga fantastis.

Melalui akun Instagram @indrakenz, pria yang sempat dijuluki Crazy Rich Medan itu menyebut bahwa privilese orang miskin adalah bisa merasakan perjuangan menjadi orang sukses.

"Sebenarnya lahir miskin itu juga privilege sih, bisa merasakan berjuang dan jadi sukses, tekanan mental lebih besar. Kalau udah terlahur kaya gak bisa jadi miskin, harus jadi lebih kaya lagi dan itu yg berat," tulisnya.

Indra Kenz juga menerbitkan sebuah buku berjudul "Terlahir Miskin = Privilege". Saat itu cetakan buku pertamanya tembus Rp 300 juta saat dilelang.

Ia juga membuat video TikTok yang menyinggung soal Tuhan.

Dalam video itu, indra Kenz menjawab komentar netizen di TikTok yang mepertanyakan kemungkinan Tuhan mengubah nasibnya kembali jatuh miskin.

Kata Indra Kenz, Tuhan akan bingung ketika mau membuatnya jatuh miskin karena dia selalu bersedekah meskipun sering menyombongkan hartanya.

"Kira-kira kalau Tuhan ngerubah nasib gue kembali jatuh miskin gimana ya? Nih nih enggak bisa nih, kenapa? Karena ketika gue sombong, gue pamer ya kan, udah mau dibuat Tuhan 'aku miskinkan', tiba-tiba baik aku, beramal, bersedekah, bantuin orang, nah bingung," ucap Indra Kenz di TikTok @indrakenz.

"Habis itu dikasih lah aku makin kaya ya kan, dapat lah rezeki itu kan, sombong lagi aku, pamer lagi aku, mau dimiskinkan lagi, beramal lagi, bersedekah lagi, makannya Tuhan pun bingung mengambil keputusan boy, enggak tahu mau diapain aku ini haha," sambungnya.

Selain melakukan tracing aset, penyidik juga akan melakukan uji laboratorium terhadap bukti video yang diduga milik Indra dalam kasus tersebut.

Penyidik juga berencana untuk memeriksa keluarga Indra Kenz. Jika ada pihak yang terbukti menerima menerima uang hasil tindak pidana pencucian uang dari aplikasi Binomo bakal dikenakan hukuman.

Selain itu, rumah mewah milik Indra Kenz di Medan, Sumatera Utara, bakal disita oleh Bareskrim Polri.

Rumah itu diduga hasil kasus penipuan investasi bodong trading binary option Binomo.

Menurut Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan, pihaknya masih perlu memerlukan izin penetapan pengadilan terlebih dahulu sebelum menyita rumah Indra Kenz.

Rumah itu harus izin dulu penetapan. Ada penetapan dari pengadilan negeri baru kita sita. Jangan sampai kita salah dalam administrasi penyidikan," ujar Whisnu di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (1/3/2022).

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis : Rahel Narda Chaterine | Editor : Bagus Santosa, Krisiandi, Fitri Nursaniyah, Sabrina Asril), Kontan.co.id

https://regional.kompas.com/read/2022/03/02/060600478/sosok-indra-kenz-crazy-rich-medan-yang-jadi-tersangka-kasus-binomo-pernah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke