Salin Artikel

Soal Cuitan Jokowi tentang Rusia Invasi Ukraina, LP3BH Manokwari: Cuitan Presiden Diharapkan Juga oleh Rakyat Korban Perang di Papua

"Setop perang. Perang menyengsarakan umat manusia dan membahayakan dunia," demikian cuitan Twitter Presiden Jokowi, Kamis (24/2).

Yan Cristian Warinussy mengatakan, ia memberi hormat dan apresiasi tinggi atas unggahan presiden.

Namun, dia juga meminta presiden pun memberikan perhatian pada 'perang' yang juga terjadi di Papua.

"Saya pun menanyakan kepada Bapak Presiden yang Mulia, apakah bisa Bapak Presiden menyampaikan juga kepada semua pihak yang terus mengangkat senjata di Tanah Papua untuk menghentikan konflik bersenjata yang terus menerus mengakibatkan selalu jatuh korban, baik di kalangan rakyat sipil Papua yang adalah juga rakyat Indonesia," kata Yan Cristian Warinussy, Selasa (1/3/2022).

Dia menilai, korban terus menerus berjatuhan.

Mulai dari kalangan anggota keamanan (TNI dan Polri) hingga kelompok yang dicap separatis yaitu Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau sering dilabeli dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB), dan Kelompok Kriminal Separatis Teroris (KKST).

"Korban selalu berjatuhan dari kedua belah pihak bahkan selalu menyasar rakyat sipil yang sama sekali tidak tergabung dalam posisi kedua kelompok yang bertikai tersebut. Ini tidak bisa terus menerus dibiarkan dan mesti dihentikan melalui langkah damai berbentuk dialog." terang Warinussy.


LP3BH Manokwari meminta Presiden Joko Widodo segera mengambil sikap dan langkah tegas untuk menghentikan konflik bersenjata di Tanah Papua.

"Suara Presiden Joko Widodo sangat diperlukan saat ini, bahkan Twitter Presiden juga diharapkan oleh rakyat sipil di Tanah Papua, khususnya para korban perang antara aparat TNI dan Polri dengan TPN PB dan atau KKB atau KKSB atau KKST hari ini," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/01/201712478/soal-cuitan-jokowi-tentang-rusia-invasi-ukraina-lp3bh-manokwari-cuitan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke