Salin Artikel

Pembangunan Sirkuit Bertaraf Internasional di Bintan Ditargetkan Selesai 2024

Daerah yang dipilih sebagai lokasi sirkuit adalah Kabupaten Bintan, tepatnya di kawasan wisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan bahwa pihaknya serius dalam mewujudkan rencana ini.

Menurut Ansar, sport tourism termasuk wacana utama dalam pengembangan sektor wisata Bintan.

"Akan semakin banyak events di Bintan. Kita sepakati dari awal untuk Bintan ada sport tourism. Selain acara internaional yang telah kita miliki, ini bisa jadi trigger-nya," kata Ansar usai penyambutan turis travel bubble di pelabuhan BBT Lagoi, Jumat (25/2/2022).

Rencana pembangunan sirkuit di Bintan tersebut tidak main-main. Bahkan pembangunan sirkuit ditargetkan selesai dua tahun ke depan, atau pada 2024.

Saat ini pemerintah telah melakukan koordinasi dnegan Bintan Resort Cakrawala (BRC), Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan konsultan untuk pembangunan sirkuit ini.

"Kita akan rapat bersama, rencananya tanggal 16 Maret ini. Untuk melihat kebutuhan-kebutuhan, biaya dan sumber-sumbernya. Kita berharap dapat terwujudlah sampai 2024," sebut Ansar.

Ansar menyebut, Kepri adalah lokasi yang strategis untuk pembangunan sirkuit bertaraf Internasional di wilayah Indonesia barat.

"Kepri strategis. Untuk melengkapi, di wilayah timur ada Mandalika. Wilayah tengah di DKI. Dan ada Bintan di Barat. Kalau tersedia tentunya akan menjadi daya tarik (wisatawan)," ungkap Ansar.

General Manager PT BRC Abdul Wahab yang mendampingi Gubernur Kepri mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan lahan seluas 75 hingga 100 hektare untuk sirkuit tersebut.

Untuk lokasi sirkuit juga telah dipersiapkan dan tengah dievaluasi oleh konsultan yang didatangkan dari Inggris.

Ada dua lokasi yang dipersiapkan, yaitu di sekitaran danau dan pinggir pantai Lagoi.

"Sekarang sedang dievaluasi oeh konsultan dari Inggris. Mereka sudah melihat. Keputusannya nanti akan ditetapkan Gubernur setelah evaluasi-evaluasi yang kami lakukan," terang Wahab.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/01/094738278/pembangunan-sirkuit-bertaraf-internasional-di-bintan-ditargetkan-selesai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke