Salin Artikel

Kala Setandan Pisang Jadi Wujud Terima Kasih Warga Korban Erupsi Semeru...

Mereka membawa setandan pisang dan sekarung salak.

Kunjungan yang diterima Bupati Semarang Ngesti Nugraha tersebut sebagai ucapan terima kasih karena relawan dari Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, fokus membangun di wilayah tersebut.

Warga Dusun Renteng yang berkunjung tersebut adalah Sanan (80) dan Subaeri (38).

"Berkat dukungan dan bantuan warga Kecamatan Getasan, warga terdampak erupsi gunung Semeru di kini telah memiliki mushala untuk beribadah serta tempat tinggal yang cukup layak," jelas Sanan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, Senin (28/2/2022).

Sanan mengungkapkan setandan pisang memang tidak berarti dibanding pertolongan para relawan.

"Ini tanda kami ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan warga dan para relawan Kecamatan Getasan,” paparnya.

Saat erupsi Gunung Semeru, sejumlah mushala dan puluhan rumah warga di mengalami kerusakan sedang hingga parah.

"Kami harus mengungsi hingga ratusan jiwa harus tinggal sementara dan beribadah di tempat pengungsian," kata Sanan. Dua bangunan milik Sanan juga rusak parah.

Relawan dari Kabupaten Semarang dianggap sangat membantu warga dalam membangun kembali hunian serta fasilitas umum yang mengalami kerusakan.

Kini 15 kepala keluarga (KK) di lingkungan Dusun Renteng sudah memiliki tempat tinggal sederhana yang cukup nyaman untuk dihuni.


Sementara itu, Koordinator Lapangan SERI Cabang Getasan, Ardian Kurniawan Santosa menyampaikan, Mbah Sanan merupakan salah satu warga penerima manfaat rumah sederhana yang dibangun SERI di Dusun Renteng.

Total ada delapan rumah sederhana dan satu mushala yang dibangun para relawan SERI di lokasi bencana tersebut.

"Dananya bersumber dari donasi teman- teman komunitas, warga Kecamatan Getasan serta bantuan Bupati Semarang,” jelasnya.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengapresiasi semangat dan kerja keras para relawan SERI Kecamatan Getasan yang terjun ke lokasi bencana di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang dalam tiga bulan terakhir.

“SERI juga membagi lebih dari 1.000 paket sembako serta menyalurkan dana lebih dari Rp 200 juta yang digalang dari donasi warga Kecamatan Getasan,” kata Ngesti.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/01/053248078/kala-setandan-pisang-jadi-wujud-terima-kasih-warga-korban-erupsi-semeru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke