Salin Artikel

Hari Raya Nyepi, Layanan ATM di Bali Dinonaktifkan Mulai Rabu 2 Maret

BALI, KOMPAS.com - Sarana penarikan tunai dan kegiatan transaksi lainnya dengan menggunakan mesin ATM di Bali akan dinonaktifkan sementara selama Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944, yang jatuh pada Kami (3/3/2022).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Trisno Nugroho mengatakan, layanan tersebut akan dinonaktifkan secara bertahap mulai tanggal 2 Maret 2022 mulai pukul 12.00 Wita.

Sarana penarikan tunai dan kegiatan transaksi lainnya dengan menggunakan mesin ATM Akan kembali beroperasi normal mulai hari Jumat tanggal 4 Maret 2022 pada pukul 06.00 Wita.

"Sarana penarikan tunai dan kegiatan transaksi lainnya dengan menggunakan mesin ATM, secara umum dan secara bertahap dinonaktifkan atau tidak beroperasi," kata Trisno, dalam keterangannya, Senin (28/2/2022).

Ia menyebut, penghentian layanan transaksi itu hanya barlaku bagi transaksi dengan menggunakan mesin ATM.

Sementara, transaksi dengan berbasis elektronik atau digital seperti mobile banking tetap beroperasi seperti biasanya.

Kendati begitu, transaksi dengan berbasis elektronik atau digital seperti mobile banking harus ditunjang dengan sarana jaringan komunikasi atau internet.

BI Bali, lanjut Trisno, juga telah menyediakan uang tunai dengan jumlah maupun pecahan yang cukup yaitu sebesar Rp 3,5 triliun atau 3,5 kali dari kebutuhan uang tunai di warga di Bali.


Ia juga menambahkan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan perbankan se-Provinsi Bali melakukan penyesuaian waktu layanan operasional selama Hari Raya Nyepi.

Penyesuaian itu di antaranya tidak melakukan kegiatan operasional pada hari Rabu 2 Maret hingga Jumat 4 Maret 2022.

Akibatnya, layanan penarikan dan penyetoran kas perbankan, serta kegiatan pertukaran warkat debet ditiadakan.

"Selanjutnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali akan kembali membuka layanan seperti biasanya pada hari Senin, tanggal 7 Maret 2022," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/28/113801878/hari-raya-nyepi-layanan-atm-di-bali-dinonaktifkan-mulai-rabu-2-maret

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke