Salin Artikel

Tepergok Mencuri Burung di Teras Rumah Warga, Ayah dan Anak Babak Belur Dihajar Massa

BLITAR, KOMPAS.com - NS (45) dan anaknya, AF (12) babak belur dihajar warga setelah ketahuan mencuri seekor burung di teras warga di Kelurahan Sumberdiren, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Kapolsek Garum AKP M Burhanudin mengatakan, aksi pencurian yang dilakukan ayah dan anak itu terjadi pada Jumat (25/2/2022) siang dengan sasaran rumah Sutikno.

"Sekitar pukul 13.30 WIB, NS masuk ke halaman rumah korban dan langsung mengambil burung yang sangkarnya digantung di teras rumah," kata Burhan saat dikonfirmasi, Minggu (27/2/2022).

Namun aksi keduanya, kata Burhan, diketahui sejumlah tetangga korban yang segera berteriak "maling".

Menyadari aksinya tepergok warga, AF memacu sepeda motornya setelah ayahnya naik di jok belakang dengan memegang sangkar berisi burung jenis jalak uren senilai Rp 3,5 juta itu.

Salah seorang tetangga korban, Sugeng, mengejar keduanya menggunakan sepeda motor sembari terus meneriakkan kata "maling".

Sekitar 2 kilometer dari lokasi pencurian, persisnya di Kelurahan Tawangsari, AF tiba-tiba tidak dapat mengendalikan sepeda motor dan terperosok ke selokan bersama ayahnya.

Warga sekitar pun tidak kesulitan meringkus keduanya yang kesakitan akibat terjatuh setelah sebelumnya sempat menghajar mereka.

NS dan AF kemudian diserahkan setelah polisi tiba di lokasi kejadian.

"Pengakuan pelaku, mereka sudah beberapa kali melakukan pencurian burung di lokasi lain," ujarnya.

Kini, keduanya ditahan pihak kepolisian dan terancam dijerat Pasal 362 KUHP dan Pasal 65 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian.

"Namun, kami juga berkoordinasi dengan Unit PPA (perlindungan perempuan dan anak) Polres Blitar karena salah satu pelaku masih berada di bawah umur," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/27/151850178/tepergok-mencuri-burung-di-teras-rumah-warga-ayah-dan-anak-babak-belur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke