Salin Artikel

Slidiki Ledakan Pabrik Kimia Cilegon, Polisi Periksa 11 Orang Saksi

CILEGON, KOMPAS.com - Satuan Reserse Kriminal Polres Cilegon masih mendalami insiden ledakan pabrik kimia di PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) pada Rabu (24/2/2022).

Penyidik telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap 11 orang saksi. Lima orang saksi dari pihak PT MCCI dan enam saksi korban dari awak mobil tangki PT Pertamina.

“Kami terus melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan terhadap saksi-saksi dari karyawan PT Mitsubishi Chemical Indonesia,” ujar Kapolres Cilegon, Sigit Haryono, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (26/2/2022).

Selain melakukan pemeriksaan terhadap saksi, penyidik juga melakukan koordinasi dengan klinik PT Pertamina Gerem, Cilegon.

“Penyidik Satreskrim Polres Cilegon telah berkoordinasi dengan klinik di Pertamina untuk mengecek hasil rekam medis awal kesehatan kepada para korban yang berjumlah 6 orang,” ujar Sigit.

Bahkan, tim Puslabfor Mabes Polri diterjunkan untuk mengambil sampel di titik ledekan untuk menyelidiki insiden tersebut.

Sejak awal, lanjut Sigit, tim Satreskrim juga terus melakukan observasi lingkungan di sekitar kejadian bersama Tim Kimia, Biologi, dan Radioaktif (KBR) Satbrimob Polda Banten.

"Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri sudah melakukan olah TKP sejak kemarin dan kita masih menunggu hasil dari olah TKP tersebut,” kata Sigit.

"Beberapa dokumen perusahaan yang akan dianalisa sudah diminta ke perusahaan,” sambung Sigit.

Putusnya pipa tersebut menimbulkan ledakan di Purified Terephthalic Acid (PTA) 1 atau bagian produksi pembuatan benang. Pipa tersebut berisikan bubuk plastik bercampur air dan minyak yang merupakan bahan dasar pembuatan benang baju.

Cairan bercampur abu tersebut berterbangan hingga ke luar area pabrik yang berada di Gerem, Kecamatab Grogol, Kota Cilegon, Banten.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/26/160149478/slidiki-ledakan-pabrik-kimia-cilegon-polisi-periksa-11-orang-saksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke