Salin Artikel

Ikut Skema "Travel Bubble", 28 Wisatawan Singapura Tiba di Batam

BATAM, KOMPAS.com - Sebanyak 28 wisatawan mancanegara (Wisman) dari Singapura, resmi masuk melalui Pelabuhan Nongsa Pura, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (23/2/2022).

Kedatangan wisman ini memanfaatkan koridor Travel Bubble yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat bagi Kepri sejak setahun lalu.

Sekadar informasi, skema Travel Bubble merupakan dua atau lebih negara yang berhasil mengontrol virus Corona sepakat untuk menciptakan sebuah gelembung atau koridor perjalanan.

Gelembung ini akan memudahkan penduduk yang tinggal di dalamnya melakukan perjalanan secara bebas, dan menghindari kewajiban karantina mandiri. 

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menuturkan keseluruhan wisman yang datang berkunjung saat ini merupakan kelompok yang memang memiliki tujuan untuk menikmati sport tourism di kawasan Nongsa, Batam.

"Mereka ini kelompok. Datang ke Batam setelah resmi dibuka beberapa waktu lalu, karena ingin bermain golf di Nongsa," kata Ansar di Batam, Kamis (24/2/2022).

Tidak hanya di Batam, pada Jumat (25/2/2022) mendatang dijadwalkan sekitar 50-60 wisman Singapura juga akan menghabiskan waktu liburannya di kawasan Lagoi, Bintan.

Sementara untuk Kota Batam, 28 wisman ini dijadwalkan akan berada di kawasan Travel Bubble Nongsa Sensation selama tiga hari.

"Mereka dijadwalkan kembali, bertepatan dengan diresmikannya program VTL (Vaccine Travel Lane atau Jalur Perjalanan Vaksinasi) di Singapura. Makanya mereka berada di sini selama tiga hari," papar Ansar.

Ansar juga menerangkan, program koridor Travel Bubble yang saat ini resmi dilaksanakan, akan menjalani proses evaluasi setiap minggunya.

Ia mengatakan, hal ini penting dilakukan demi menciptakan kenyamanan bagi wisman, selama berada di kawasan Travel Bubble.

"Nanti kita juga minta testimoni mereka. Jadi mereka juga dapat menceritakan pengalaman mereka, untuk menarik lebih banyak wisman lagi ke Batam. Intinya kami targetkan, kunjungan wisman kembali seperti dulu," jelas Ansar.

Saat ini, para wisman Singapura yang telah tiba di Batam, masih menjalani pemeriksaan PCR di area kedatangan pelabuhan.

Nantinya, sembari menunggu hasil PCR, para wisman akan langsung diantar ke kawasan resort yang sebelumnya telah dipesan oleh mereka.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/24/121749878/ikut-skema-travel-bubble-28-wisatawan-singapura-tiba-di-batam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke