Salin Artikel

Gibran Tanggapi Survei Setahun Kepemimpinannya di Solo: Biar Warga yang Nilai

Survei tersebut dirilis oleh program studi Magister Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo tentang "Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) satu tahun Pemerintahan Gibran-Teguh" pada Jumat (18/2/2022).

Gibran menyerahkan penilaian tersebut kepada masyarakat.

"Kalau itu biar warga yang menilai. Tugas kami melayani, yang menilai biar warga," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (21/2/2022).

Putra sulung Presiden Jokowi menilai dengan indeks 79,3 persen tersebut masih ada warga yang belum puas dengan hasil kinerjanya.

"Berarti masih ada yang belum puas," terangnya.

Dalam survei itu, sebanyak 93,5 persen responden menyatakan Gibran merakyat.

Sebelumnya, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melalui program pascasarjana, program studi Magister Administrasi PublikSoal (MAP) merilis hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Gibran-Teguh.

Hasilnya, 79,3 persen responden mengaku puas dengan kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) yakni Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Teguh Prakoso.

Serta 93,5 persen responden menyatakan Gibran merakyat.

Ketua Program Studi (Prodi) Magister Administrasi Publik (MAP) Unisri Solo, Suwardi mengatakan, hasil itu mampu memberikan sinyal berbahaya bagi lawan politiknya.

"Capaian Gibran, 62 persen ditambah 31 persen, itu ada 93,5 persen menyatakan Gibran merakyat. Itu bahaya. Bagi lawan politiknya ini bahaya," kata Suwardi, Jumat (18/2/2022).


Terutama nilai keberpihakan kepada masyarakat kecil dinilai tinggi dengan 55,8 persen cukup berpihak, sangat keberpihaknya 39,3 persen dan 3,3 persen menyatakan kurang berpihak.

"Indikator merakyat sangat penting bagi political personal kandidat. Jika tokoh politik dipersepsikam merakyat dengan tingkat popularitas yang tinggi akan diikuti dengan elektabilitas yang tinggi," papar dia.

Meski demikian, Suwardi belum sepenuhnya mengetahui arah Gibran pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saya belum ke arah sana. Tahun depan masih 2 tahun pemerintahan. Kita lihat 2023, mendekati 2024 sudah adakah sinyal-sinyal apakah Gibran tetap di Solo, atau pindah ke ibu kota," ujar dia

https://regional.kompas.com/read/2022/02/21/195945878/gibran-tanggapi-survei-setahun-kepemimpinannya-di-solo-biar-warga-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke