Salin Artikel

Unggahan Viral di Medsos, Pengemis di Pekanbaru Ini Ketahuan Pura-pura Lumpuh

Pria tersebut ditangkap saat meminta belas kasihan orang lain dan membawa sebuah ember.

Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Idrus mengatakan, pengemis berinisial AJ itu ditangkap di kawasan Pasar Rumbai di Kota Pekanbaru.

"Gelandangan dan pengemis (gepeng) ini berhasil diamankan setelah aksinya dalam mencari belas kasihan masyarakat viral di media sosial belakangan ini. Dalam postingan yang beredar, pengemis ini bermodus pura-pura lumpuh di sekitar Pasar Rumbai Jalan khayangan," kata Idrus dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Menindaklanjuti unggahan yang viral di media sosial tersebut, Idrus menugaskan Satgas Dinsos Pekanbaru untuk melakukan penangkapan terhadap pengemis itu.

Selanjutnya, pengemis itu dibawa ke Dinsos Pekanbaru untuk menjalani pendataan tahap awal guna mengetahui latar belakang dan keberadaan keluarga yang bersangkutan.

"Kita akan asesmen terlebih dahulu untuk mengetahui motif dan latar belakang yang dilakukan pengemis ini," ujar Idrus.

Menurut Idrus, pengemis ini tidak memiliki kartu identitas.

Pengemis itu mengakui bahwa ada orang yang mengoordinasi kegiatannya.

"Pengakuan gepeng ini, ia diminta untuk menyetor kepada pria yang disebut ayah angkatnya itu. Jika tidak membawa uang setoran, sesampainya di rumah, ia akan dipukuli," sebut Idrus.

Saat ini, pengemis tersebut sedang menjalani pembinaan oleh Tim Dinsos Pekanbaru agar tidak lagi menjalankan profesinya tersebut.

"Akan kita bina dan kita peringatkan agar tidak mengulangi perbuatannya itu lagi. Kita juga akan mengimbau kepada oknum-oknum yang memanfaatkan orang yang berkekurangan seperti ini," kata Idrus.

Setelah dilakukan pembinaan, pengemis akan dikembalikan kepada keluarganya.

Dinsos Pekanbaru juga mengupayakan akan memberikan edukasi kepada keluarga tersebut agar kejadian yang sama tidak terulang lagi.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/18/131800278/unggahan-viral-di-medsos-pengemis-di-pekanbaru-ini-ketahuan-pura-pura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke