Salin Artikel

Evaluasi Tes Pramusim MotoGP, Pengecatan Ulang hingga Perbaikan Lintasan Balap

Andi, sapaannya, mengatakan bahwa Dorna maupun Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dengan tegas menilai Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional adalah salah satu sirkuit teraman di dunia karena memiliki lintasan yang sangat lebar dan memiliki run-off yang juga lebar.

"Pre session tes kemarin telah membuat pihak Dorna selaku pemilik kejuaraan MotoGP dan FIM selaku regulator motor sport roda dua sangat puas secara umum dengan keberadaan petugas lintasan, petugas marshal, safety atau keamanan dokter, terutama lintasannya sendiri,” kata Andi dalam keterangan tertulis, Kamis (17/2/2022).

Kendati demikian, Andi mengakui ada sejumlah rekomendasi usai tes pramusim dan menurutnya hal tersebut sangat lumrah karena sirkuit harus segera dibenahi kembali sebelum main race berlangsung.

Adapun beberapa rekomendasi tersebut di antaranya yakni melakukan pengecatan ulang lintasan pada beberapa titik, kemudian perbaikan grid start agar terlihat lebih baik karena akan disaksikan oleh ratusan juta penonton dari seluruh dunia.

“Ini dasarnya juga adalah mempercantik sirkuit agar nanti terlihat bagus saat penyelenggaraan ajang Pertamina Grand Prix 2022. Karena keberadaan balap ini akan disiarkan langsung ke seluruh dunia dan disaksikan lebih dari 500 juta pasang mata," kata Andi.

Selain itu, memperbaiki permukaan lintasan balap agar pebalap dapat memacu kendaraan lebih cepat serta dapat melakukan over take di berbagai tempat di lintasan lurus maupun di tikungan tajam.

Sejauh ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) serta pihak terkait agar penyelenggaraan MotoGP dapat berjalan baik.

“Kami dari MGPA tetap akan melakukan koordinasi perihal perbaikan dengan ITDC, Dorna dan FIM dalam rangka mempersiapkan dan pelaksanaan menuju Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022," kata Andi.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/17/194321078/evaluasi-tes-pramusim-motogp-pengecatan-ulang-hingga-perbaikan-lintasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke