Salin Artikel

Soal Ganti Rugi Rumah Warga yang Terbakar Saat Bentrok, Ini Kata Bupati Maluku Tengah

Menurut Abua, informasi yang berkembang bahwa Pemkab Maluku telah memutuskan akan mengganti rugi rumah warga Kariuw yang terbakar sebesar Rp 125 juta per unit merupakan sesuatu yang tidak benar.

“Oh enggak ada itu, tidak benar itu,” kata Abua kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Senin (14/2/2022).

Abua mengatakan, munculnya kabar terkait biaya penggantian tersebut sebenarnya mucul saat pembahasan di DPRD Maluku beberapa waktu lalu. Namun hal itu belum disepati oleh Pemkab.

“Itu hanya disampaikan di dewan pada saat itu. Soal besarannya gimana kita tidak menetapkan itu, karena berkembang di forum DPRD. Itu diajukan DPRD dan pemda tidak pernah memutuskan sebesar itu, jadi belum sama sekali belum,” ungkapnya.

Abua menuturkan, Pemkab Maluku Tengah saat ini tidak punya anggaran untuk ganti rugi rumah warga yang terbakar sehingga butuh koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah pusat.

“Kita tidak punya (anggaran), kita harus koordinasikan dengan pempus. Penyelesaiannya gimana?” katanya.

Saat ini, kata Abua, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait hal tersebut.

Termasuk soal besaran ganti rugi yang menurutnya menjadi kewenangan pemerintah pusat. 

“Itu pun kita harus sesuaikan dengan pempus maupun pemprov atas apa yang terjadi, harus ada intervensi dari pusat, kita mengajukan dan yang menentukan itu pempus,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, bentrok dua desa bertetangga di Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah pecah pada Selasa (26/1/2022).

Akibat insiden itu tiga warga meninggal dunia, empat luka-luka termasuk seorang anggota polisi dan 211 rumah warga terbakar, sehingga menyebabkan seluruh warga Kariuw mengungsi dari desa mereka.

Bentrokan itu juga menyebabkan puluhan sepeda motor dan mobil milik warga terbakar. Selain itu ribuan tanaman umur panjang warga seperti cengkih dan pala juga ditebang. 

https://regional.kompas.com/read/2022/02/14/142139778/soal-ganti-rugi-rumah-warga-yang-terbakar-saat-bentrok-ini-kata-bupati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke