Salin Artikel

Tes Pramusim MotoGP Selesai, Pebalap dan Kru Akan Tinggalkan Mandalika

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), berakhir pada hari ini, Minggu (13/2/2022).

Para pebalap, kru dan official dijadwalkan akan mulai meninggalkan Mandalika mulai Minggu malam.

"Mereka akan mulai meninggalkan Mandalika mulai malam ini, pukul 20.00 malam kalau nggak salah sudah mulai ada carter flight pertama," kata Direktur Operasi dan Inovasi ITDC, Arie Prasetyo dalam keterangan pers di Mandalika, Minggu.

Sebanyak 500 lebih pebalap, kru dan official secara bertahap akan meninggalkan Lombok melalui Bandara Internasional Lombok.

"Mereka nanti sampai dengan besok sore para pebalap, kru dan official, sekitar 500 lebih orang akan meninggalkan Mandalika," kata Arie.

Selain para pebalap, logistik MotoGP juga akan berangkat kembali menuju Qatar untuk mengikuti jadwal race pertama di minggu pertama Bulan Maret.

Setelah dari Qatar, mereka akan kembali lagi ke Lombok pada Maret mendatang dengan rombongan yang lebih besar untuk mengikuti jadwal race kedua.

"Karena memang pertandingan pada Maret nanti bukan hanya MotoGP yang dipertandingkan tapi ada seri Moto2 Moto3," kata Arie.

Balapan MotoGP 2022 akan berlangsung selama tiga hari, yaitu 18-20 Maret 2022.

Arie mengatakan, selama tiga hari melakukan tes pramusim MotoGP, 11-13 Maret 2022, para pebalap merasa cukup senang.

"Selama tiga hari ini dari sisi pebalap mereka cukup happy karena mereka datang dengan ekspektasi mereka melakukan official test atau pengetesan di atas trek, sehingga itu yang kita jaga betul. Dalam tiga hari ini, semua yang kita siapkan berjalan baik," kata Arie.


Semua official, kru dan pebalap datang sesuai jadwal. Begitu juga logistik berupa ban, bahan bakar dan motor.

"Sejak Rabu mereka sudah melakukan setup motor dan garasi. Hari Jum'at pagi semua sudah masuk ke dalam sirkuit dan sampai hari ini mereka sedang melakukan sesi terakhir latihan. Mudah-mudahan sampai selesai tidak ada masalah," katanya.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria menambahkan, hingga hari kedua tes pramusim kemarin tidak ada masalah yang berarti kecuali masalah reflek dengan debu.

"Catatan dari FIM sampai kemarin sore tidak ada masalah yang berarti kecuali yang diisukan reflek dengan debu yang mana sebenarnya mereka bilang itu tidak ada masalah sama sekali," kata Priandhi.

Menurutnya, hari kedua berjalan dengan baik dengan catatan waktu yang semakin baik. Selain itu, lapisan di lintasan juga semakin banyak dan semakin lengket.

"Dari penyelenggaraan motor sport keberadaan marshal, keberadaan medical, kesiapan paddock dan kesiapan pendukung lainnya tidak ada masalah," jelas Priandhi.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/13/175658278/tes-pramusim-motogp-selesai-pebalap-dan-kru-akan-tinggalkan-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke