Salin Artikel

Demo Tolak Tambang di Parigi Moutong Ricuh, Satu Orang Tewas, Ini Kata Kapolda Sulteng

KOMPAS.com - Seorang warga Parigi Moutong, Sulawesi Selatan, dikabarkan tewas saat terjadi kericuhan aksi demo penolakan tambang Sabtu (12/2/2022) malam.

Dilansir dari TribunPalu.com pada Minggu (13/2/2022), korban diketahui bernama Aldi, warga Desa Tada, Kecamatan Tinombo Selatan, Parimo, Sulawesi Tengah.

Aldi diduga tewas tertembak saat aparat keamanan membubarkan aksi warga tersebut.

Aparat kepolisian terpaksa membubarkan aksi karena massa telah menutup jalan trans penghubung antara Parigi Moutong ke Provinsi Gorontalo. Penutupan jalan tersebut mulai Sabtu siang hingga malam hari.

Lalu, massa berhasil dibubarkan setelah polisi mengerahkan mobil water canon dan gas air mata.

Namun demikian, sejumlah peserta aksi nekat melawan dengan melempari petugas dengan batu.

"Saat aksi di sana ternyata ada satu warga meninggal dunia. Saat ini saya akan ke sana melihat yang terjadi bersama Kabid Propam Polda Sulteng," ujar Kapolda Sulteng Irjen Pol Rudy Sufahriadi di Mapolda Sulteng, Jl Sorkarno-Hatta, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Minggu (13/2/2022).

Kapolda Sulsel berjanji akan menyelidiki dan akan menindak tegas jika ada oknum polisi yang menyalahi prosedur saat penanganan demo itu.

Namun, Rudy menegaskan, sebelum terjadi bentrokan tersebut polisi telah melakukan negosiasasi dengan warga.

"Dalam penindakan itu dilakukan sesuai dengan Standar Operasi Prosedur (Sop) Polri. Yang jelas polisi akan menindak tegas terkait yang bersangkutan, dalam pristiwa menewaskan satu orang saat kejadian demo itu," kata Kapolda Sulteng.

Seperti diketahui, warga terpaksa turun untuk mendesak Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura untuk mencabut izin tambang PT Trio Kencana.

Dan hasil aksi terakhir, Gubernur Sulteng hanya berjanji akan menemui massa aksi.

"Sebelumnya, 7 Februari 2022 kemarin, warga melakukan aksi serupa. Gubernur Sulteng janji untuk menemui warga, namun hingga malam ini janji itu tak ditepati," ujar salah satu warga, Sabtu (12/2/2022).

Artikel ini telah tayang di TribunPalu.com dengan judul: BREAKING NEWS: 1 Warga Tewas dalam Bentrok Unjuk Rasa Tambang di Parimo

https://regional.kompas.com/read/2022/02/13/152103178/demo-tolak-tambang-di-parigi-moutong-ricuh-satu-orang-tewas-ini-kata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke