Salin Artikel

Jenazah 2 Calon PMI yang Tenggelam di Johor Bahru Malaysia Dipulangkan ke NTT

Dua jenazah itu yakni Mariana asal Desa Nelelawawangi, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur dan Sesilia Siba Wara, asal Desa Lamabayung, Kecamatan Ile Boleng, Flores Timur.

"Jenazah keduanya diterbangkan menggunakan pesawat Lion Air dan tiba pagi ini di Bandara El Tari Kupang, sekitar pukul 09.30 Wita," ujar Kepala UPT Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kupang Siwa, kepada Kompas.com, Jumat (11/2/2022).

Biaya pemulangan ditanggung pemerintah

Meski berstatus ilegal kata dia, Pemerintah Indonesia tetap menanggung semua biaya pemulangan.

Siwa mengatakan, usai ditemukan tewas tenggelam pada Januari lalu, jenazah keduanya berada di Malaysia, untuk proses identitfikasi sekaligus menelusuri keluarga mereka.

Setelah berhasil diidentifikasi, jenazah baru bisa dipulangkan untuk dimakamkan di kampung halaman keduanya di Flores Timur.

Rencananya, lanjut Siwa, saat tiba di bandara El Tari Kupang, kedua jenazah akan disemayamkan sementara di rumah keluarga mereka di Kota Kupang.


Selanjutnya, akan dibawa menuju Pelabuhan Laut Tenau untuk diberangkatkan menggunakan Kapal Motor Awu.

"Nanti menggunakan kapal Awu pukul 18.00 Wita sore nanti menuju Kabupaten Ende. Selanjutnya dengan perjalanan darat dari Ende menuju Larantuka, Kabupaten Flores Timur," kata dia.

Seluruh proses pemulangan ini akan difasilitasi oleh BP2MI.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/11/083623978/jenazah-2-calon-pmi-yang-tenggelam-di-johor-bahru-malaysia-dipulangkan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke