Salin Artikel

Seekor Kuskus Gendong Anaknya Masuk ke Permukiman, Menarik Perhatian Warga

Kuskus yang terancam habitannya akibat penebangan hutan ini diduga tengah kelaparan dan mencari makan hingga ke sekitar permukiman warga.

Kuskus ini menggendong anaknya melintasi hutan hingga memanjat pohon mangga agar selamat dari gangguan predator, termasuk manusia.

Sambil menggendong bayinya, seekor kuskus Sulawesi ini tiba-tiba muncul dan masuk ke daerah penduduk untuk mencari makan.

Hewan yang dilindungi ini muncul secara-tiba-tiba dan terlihat di sekitar permukiman penduduk hingga menarik perhatian warga sekitar.

Maklum, ia mencari makan sambil berusaha menggendong anaknya melintasi hutan hingga ke permukiman warga.

Setelah sekian lama jadi pusat perhatian, kuskus ini tampak terlihat tak nyaman. Kuskus ini kemudian menggendong bayinya meninggalkan lokasi.

Aktivis peduli lingkungan dan pencinta hewan langka serta dilindungi, Surya, menduga hewan ini datang lantaran tempat yang menjadi habitatnya terancam akibat kerusakan lingkungan.

Kuskus mulanya ditangkap warga. Namun, sejumlah aktivis lingkungan dan satwa langka yang dilindungi menyarankan agar binatang langka tersebut tetap dilepasliarkan ke tengah habitatnya.

“Kemungkinan habitatnya terancam karena penebangan hutan. Kuskus merambah masuk ke permukiman untuk mencari makan,”jelas Surya.

Seperti dikutip dari Wikipedia, kuskus adalah mamalia berkantung nokturnal yang termasuk dalam famili phalangeridae. Kelompok hewan ini persebarannya terbatas di Indonesia bagian timur, Australia, dan Papua.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/10/050800478/seekor-kuskus-gendong-anaknya-masuk-ke-permukiman-menarik-perhatian-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke