Salin Artikel

Cuaca Buruk di Selat Sunda, ASDP Akan Buka Tutup Penyeberangan Merak-Bakauheni

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, akan terjadi gelombang tinggi di Selat Sunda pada 7 -13 Februari 2022.

Prediksi cuaca buruk itu sesuai pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Demi keselamatan dan keamanan seluruh pengguna jasa, PT ASDP akan melakukan menghentikan pelayanan untuk sementara apabila cuaca buruk terjadi.

"Jika cuaca ekstrem dan tidak memungkinan untuk perjalanan kapal, tentu pelayanan akan dihentikan sementara atau dilakukan sistem buka tutup. Kami harapkan pengertian dari seluruh pengguna jasa, untuk kepentingan dan keselamatan bersama," kata Shelvy melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (9/2/2022).

Menurut Shelvy, pihaknya bersama dengan nahkoda kapal di lintas Pelabuhan Merak-Bakauheni akan meningkatkan kewaspadaan dalam mengantisipasi cuaca ekstrem.

Hal itu sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dan pemantauan cuaca dari BMKG.

"Beberapa hal yang menjadi perhatian, antisipasi melalui pengaturan, pengendalian dan pengawasan operasional kapal sesuai Sistem Manajemen Terpadu (SMT) ASDP dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Shelvy.

Untuk itu, kondisi kapal, mesin dan alat keselamatan akan selalu dicek sehingga berfungsi dengan baik.

Selanjutnya, memperhatikan cuaca dan tinggi gelombang laut, serta monitoring posisi kapal secara berkala melalui aplikasi Vessel Monitoring System (VMS).


Kemudian, pada saat kapal beroperasi atau berlayar agar mengutamakan keselamatan kapal, penumpang, dan muatannya.

"Saat kapal sandar di dermaga agar nakhoda senantiasa memperhatikan kekuatan angin, arus, dan gelombang untuk mengantisipasi benturan dengan dermaga. Hal ini harus dilaksanakan demi keselamatan pelayaran dan seluruh pengguna jasa," tutur Shelvy.

Shelvy mengimbau kepada calon pengguna jasa agar membeli tiket secara mandiri melalui www.ferizy.com atau aplikasi Ferizy, atau di gerai Alfamart dan Agen BRI Link.

Dalam proses pengisian data, calon penumpang harus mengisi identitas diri dan kendaraan secara lengkap sesuai KTP dan STNK.

"Serta pastikan seluruh jumlah penumpang dalam kendaraan terdata di dalam tiket, agar terdata dengan baik dan benar di dalam data manifes kapal," kata Shelvy.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/09/133125678/cuaca-buruk-di-selat-sunda-asdp-akan-buka-tutup-penyeberangan-merak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke