Salin Artikel

Menyamar Jadi Polisi, Pria Ini Curi Motor di 21 Lokasi di Probolinggo

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Polisi menangkap HG (41), seorang pria yang mencuri motor di 21 lokasi di Kota Probolinggo dengan menyamar sebagai polisi.

Dalam melakukan aksinya, ia mengenakan jaket warna hitam bertuliskan "polisi" yang tertera pada bagian punggung.

Plt Kasi Humas Polres Probolinggo Kota Iptu Zainullah mengatakan, HG ditangkap polisi pada Senin (31/1/2022).

Menurut Zainullah, modus baru pencurian motor itu dilakukan HG di lokasi berbeda di Kota Probolinggo.

"Saat menjalankan aksinya, dia menggunakan jaket warna hitam bertuliskan 'polisi'. Hal ini untuk mengecoh dan menyamarkan aksi kejahatannya," kata Zainullah saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/2/2022).

Zainullah mengatakan, modus yang dilakukan HG juga agar masyarakat mengira pelaku sedang bertugas atau berpatroli di lokasi.

"Selain itu menjadi pemakluman bagi masyarakat yang melihat bahwa pelaku adalah polisi yang sedang bertugas," imbuhnya.

Saat dimintai keterangan oleh polisi, HG mengaku jaket tersebut adalah milik RH, seorang buron pelaku kriminal yang saat ini dalam pengejaran petugas.

HG mengaku, ia disuruh RH menggunakan jaket tersebut.

"Menurut ketiga tersangka komplotan maling motor, pelaku RH memang dikenal sering memakai jaket 'polisi' dan jaket beratribut militer," ujar Zainullah.

Dua dari tiga tersangka dimaksud, juga menggunakan jimat berbentuk sabuk, kain buntalan hitam dan besi kuning saat mencuri.

"Jimat ini diyakini sebagai jimat untuk menyembuhkan segala penyakit dan tolak santet sekaligus untuk kesehatan. Selain itu juga merupakan amanah dari almarhum orang tua kedua tersangka," pungkas Zainullah.

Sebelumnya, Polres Probolingo Kota telah berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku pencurian kendaraan bermotor sebanyak tiga orang, salah satunya HG. 

https://regional.kompas.com/read/2022/02/05/115005178/menyamar-jadi-polisi-pria-ini-curi-motor-di-21-lokasi-di-probolinggo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke