Salin Artikel

Kejadian Viral Tukang Bakso Akting Jatuh, Polisi: Pelaku Memanfaatkan Budaya Menolong Warga Indonesia

Kasi Humas Polres Salatiga AKP Hari Slamet Trianto mengatakan, perbuatan si tukang bakso tersebut belum bisa dipastikan modus penipuan.

"Karena pada saat kejadian, masyarakat sekitar juga tetap membantu sebagai budaya masyarakat Indonesia, dan sampai saat ini juga belum ada laporan dari masyarakat terkait kasus penipuan seperti itu," jelasnya, Jumat (4/2/2022).

Karena hal tersebut, lanjutnya, aparat belum bisa memastikan perbuatan tersebut masuk kategori penipuan.

"Namun kita tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-berhati dan jangan mudah terprovokasi," kata Hari.

Selain itu, dia juga meminta masyarakat tetap memertahankan budaya saling menolong. "Jangan sampai juga nanti ada kejadian, sebagai contoh ada kecelakaan, masyarakat juga acuh tak acuh atau hilangnya rasa kepedulian kepada sesama," ungkapnya.

Lebih lanjut, Hari berujar masyarakat mungkin bisa menyimpulkan kalau aksi tukang bakso diduga modus penipuan karena kebetulan ada rekaman CCTV.

"Namun kami dari Polri harus berdasarkan data dan fakta, dari keterangan baik korban maupun saksi, untuk memastikan itu modus penipuan atau bukan, dan sampai saat ini belum ada laporan masuk, utamanya korban yang merasa ditipu," jelasnya.

Meski belum ada laporan, Hari menuturkan sebagai tindakan awal dan langkah antisipasi mereka akan tetap merespons.

"Perintah pimpinan kami dari Polres Salatiga dan polsek mengintensifkan patroli dan mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati, serta jangan mudah terprovokasi terhadap informasi yang belum tentu kebenarannya," tegas Hari.

Sebelumnya diberitakan, seorang tukang bakso menjadi viral karena terekam berpura-pura terjatuh dalam rekaman CCTV yang dipasang warga Perum Asabri, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga.

Orang tersebut berakting jatuh untuk mendapatkan sejumlah uang dengan memanfaatkan belas kasihan warga.

Menurut Suprapto, warga Perum Asabri, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, kejadian tersebut berlangsung Rabu (2/2/2022) sekira pukul 10.28 WIB.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/04/103734078/kejadian-viral-tukang-bakso-akting-jatuh-polisi-pelaku-memanfaatkan-budaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke