Salin Artikel

Polda Papua Barat Buka Posko 'Antemortem" untuk Keluarga Korban Terbakar Bentrokan di Sorong

SORONG, KOMPAS.com - Siedokes Polres Sorong Kota dan BKO Biodokes Polda Papua Barat membuka posko antemortem di Rumah Sakit Umum Daerah Sele Be Solu Kota Sorong, Papua Barat, sejak Rabu (26/1/2022).

Hari pertama posko itu dibuka, baru ada enam sampel deoxyribonucleic acid (DNA) keluarga yang diterima untuk dicocokkan dengan jenazah korban kebakaran tempat hiburan malam Double O yang terbakar akibat bentrokan warga di Kota Sorong.

Iptu dr Juffandi, seorang dokter polisi, mengatakan, pengambilan sampel DNA harus dilakukan terhadap keluarga inti, seperti anak, suami, istri atau orangtuanya, bukan sepupu atau keponakan lainnya.

Dia mengatakan, hingga saat ini baru ada enam keluarga inti yang mengambil sampel DNA di posko antemortem.

Menurut Juffandi, pemeriksaan sampel ini harus menunggu tim DVI Dokkes Mabes Polri yang direncanakan akan tiba pada hari ini, Kamis (27/1/2022).

Adapun lama proses identifikasi bergantung pada banyaknya informasi dan akurasi data yang didapat.

"Itu tergantung dari kesulitan yang didapatkan. Semakin banyak informasi yang kita dapatkan dan akurasi yang kita dapatkan, baik akurasi DNA-nya maupun informasi yang diberikan itu, semakin mempermudah kami untuk mendapatkan informasi. Namun, semakin sedikit informasi yang kami dapatkan, pencocokan sangat sulit," kata Juffandi di posko antemortem, Kamis.

"Begitu juga dengan hasil otopsi atau pemeriksaan jenazah, kalau memang kira-kira untuk mendapatkan data DNA susah agak lama juga. Jadi tidak bisa menentukan waktu satu hari dua hari, tetapi kami bekerja lebih cepat lebih baik agar keluarga korban mendapatkan kepastian," ujarnya.

Saat ini, sebanyak 17 jenazah korban terbakar itu sudah dimasukkan ke dalam kontainer freezer di Kamar Jenazah RSUD Sele Be Solu.

Diketahui, bentrokan terjadi di Kota Sorong, Papua Barat, pada Senin (24/1/2022) sekitar pukul 23.30 WIT dan berlanjut hingga dini hari keesokan harinya.

Bentrokan itu menyebabkan tempat hiburan malam terbakar dan menewaskan 17 orang di dalamnya. Selain itu, satu orang tewas dibacok akibat kejadian itu.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/27/083002078/polda-papua-barat-buka-posko-antemortem-untuk-keluarga-korban-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke