Salin Artikel

Muncul Varian Omicron di Jateng, Ini Peringatan Ganjar Pranowo

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau warganya untuk tidak panik dengan kemunculan kasus Covid-19 varian Omicron di wilayahnya.

Namun, masyarakat diminta untuk tetap waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan virus.

Ganjar juga meminta agar Jogo Tonggo diaktifkan kembali untuk menghadapi peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron.

Sebab, dari data statistik tingkat penularan varian Omicron lebih cepat, namun tingkat keganasannya memang terbilang rendah.

"Jadi masyarakat engga perlu panik. Tapi, ini wake up call juga untuk mengingatkan kepada yang lain. Jogo tonggonya jalan lagi, peringatan untuk pakai masker jalan lagi," kata Ganjar, dalam keterangan tertulis, Selasa (25/1/2022).

Setiap kali ditemukan kasus, pengambilan sampel WGS dilakukan untuk memantau perkembangan varian Omicron.

"Jadi publik enggak perlu takut. Pengalaman di Eropa itu naiknya cepat banget. Diperkirakan Februari akan tinggi tapi turunnya juga cepet banget. Makanya dibutuhkan dari masyarakat, pakai masker ya, taat prokes saja Insya Allah dari beberapa pengalaman kan lebih bahaya Delta saat itu, tapi kita enggak boleh lengah pada soal itu," kata Ganjar.

Ganjar meminta kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk mengingatkan Satgas untuk mengontrol pelaksanaan PTM di sekolah.


"Saya minta untuk kontrol terus menerus. Satgas di sekolah mesti kenceng. Di tempat keramaian kita tahan dulu," ujar dia.

Untuk mencegah penularan varian Omicron, percepatan vaksinasi dilakukan terutama untuk prioritas anak-anak usia 6-11 tahun, para lansia dan orang dengan komorbid. 

"Vaksin segera dipercepat, wabil khusus kepada lansia termasuk mereka yang harus diboosting. Apalagi mereka yang komorbid harus dalam pantauan, karena kami amankan dulu mereka yang kelompok rentan sehingga kami harapkan ini bisa mencegah," pungkas dia.

Sebagai informasi, di Jawa Tengah tercatat sudah ada sembilan orang terinfeksi varian Omicron yakni di Kota Semarang, Cilacap, Pekalongan dan Sukoharjo.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/26/060256478/muncul-varian-omicron-di-jateng-ini-peringatan-ganjar-pranowo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke