Salin Artikel

Ada Hembusan Gas di Kawah, Status Gunung Dempo Sumsel Naik Jadi Waspada

PALEMBANG, KOMPAS.com - Status Gunung Dempo di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan yang sebelumnya normal kini naik level menjadi waspada.

Peningkatan status ini terhitung Jumat (7/1/2022) sejak pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan nomor 5.Lap/GL.05/BGV/2022,

Dari hasil pengamatan visual Gunung Dempo, ada kenaikan aktivitas hembusan gas dari kawah puncak Gunung Dempo serta kemunculan getaran Tremor yang mengindikasikan adanya kenaikan fluida (gas, cairan, batuan padat) ke kedalaman lebih dangkal.

Pengamatan yang dilakukan sejak tanggal 1 sampai 6 Januari, menunjukkan energi gempa frekuensi rendah meningkat sejak 3 Januari 2022 yang bersifat mendadak dan terespon langsung ke permukaan.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Ansori mengatakan, kawasan Gunung Merapi Dempo memutari tiga Kabupaten kota, yakni kota Pagaralam, Lahat dan Empat Lawang.

Pemerintah setempat pun diminta untuk membuat rencana kontijensi untuk menyesuaikan kondisi lapangan seperti halnya jalur evakuasi dan titik pengungsian.

"Serta mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung seperti tenda dan peralatan sanitasi, atau membuat atau memperbaharui rencana kontijensi yang sudah ada," kata Ansori melalui keterangan tertulis, Jumat (7/1/2022).

Ansori pun mengimbau kepada masyrakat di kawasan kaki Gunung Dempo untuk tetap waspada dan memperhatikan informasi resmi dari pemerintah.

"Masyrakat jangan panik secara berlebihan, jangan percaya hoaks. Informasi dan perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Dempo dapat diakses melalui website magma.esdm.go.id atau aplikasi android Magma Indonesia atau dari pemerintah setempat," ujarnya.

Selain itu, jalur pendakian gunung Dempo pun diminta untuk ditutup sementara waktu seiring terjadinya peningkatan aktivias gunung yang memiliki ketinggan 3.159 Mdpl tersebut.

"Kepada masyarakat sekitar radius terdekat Gunung Dempo untuk sementara harap selalu waspada dan hati-hati," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/07/213149978/ada-hembusan-gas-di-kawah-status-gunung-dempo-sumsel-naik-jadi-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke