Salin Artikel

Kapal Karam Dihantam Gelombang di Saumlaki, 15 ABK Selamat Usai Lompat ke Laut

Sebanyak 15 anak buah kapal (ABK) dan nakhoda berhasil selamat setelah melompat dari atas kapal dan berenang menuju pelabuhan.

Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Romi Agusriansyah mengatakan, kapal tersebut awalnya tiba di Tanimbar dan hendak bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso setelah berlayar dari Pelabuhan Surabaya dengan mengangkut sejumlah barang.

Namun karena diterpa cuaca yang sangat buruk dan gelombang tinggi, kapal tersebut akhirnya tenggelam hingga karam ke dasar laut.

“Betul KM Tanimbar Bahari tenggelam. Itu kapal barang yang baru datang dari Surabaya ke Saumlaki,” kata Romi kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Rabu.

Dia menjelaskan, kapal tersebut telah tiba di Tanimbar sejak Selasa malam.

Namun karena cuaca buruk dan gelombang yang tinggi, kapal tersebut hanya bisa berlabuh di sekitar pelabuhan dan tidak bisa bersandar.

“Tadi malam itu (kapal) sudah tiba tapi belum bisa sandar di pelabuhan, lalu tadi sore sekira pukul 16.30 WIT kapal mau olah gerak sandar ke pelabuhan, tiba-tiba kapal miring posisinya lalu akhirnya tenggelam,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, cuaca yang sangat buruk dan tinggi gelombang menjadi penyebab kapal itu tenggelam.

Adapun jarak kapal tenggelam dengan pelabuhan sekitar 300 meter.

KOMPAS.com / (Penulis: Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty | Editor: Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2022/01/06/091425078/kapal-karam-dihantam-gelombang-di-saumlaki-15-abk-selamat-usai-lompat-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke