Salin Artikel

Sebar Hoaks Kapal Tenggelam hingga Penumpang Panik, Kondektur Bus Dilaporkan ke Polisi

Kondektur tersebut telah menyebarkan informasi hoaks di atas Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Terubuk.

Dia menyampaikan informasi kepada para penumpang di atas kapal bahwa air telah masuk ke dalam feri dan kapal akan segera tenggelam.

Informasi itu pun membuat ratusan penumpang kapal panik. Kegaduhan terjadi saat para penumpang berebut baju pelampung di atas kapal tersebut.

“Saya sudah minta ABK cek namanya (kondektur) dan pelat nomor bus itu,” kata Kepala Operasional ASDP Cabang Ambon, Samsudin Tanasi kepada Kompas.com via telepon seluler, Selasa (28/12/2021).

Samsudin mengungkapkan, informasi hoaks yang disampaikan kondektur tersebut telah membuat gaduh dan kepanikan di atas kapal.

Ia sangat menyayangkan insiden tersebut, karena kejadian seperti itu bisa saja menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.


“Nanti kalau mobil itu balik saya akan lapor ke polisi agar tahan kondektur itu karena dia sudah bikin panik banyak orang,” katanya.

Samsudin menambahkan, kondektur itu telah meresahkan banyak orang sehingga dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Kalau terjadi apa-apa di atas kapal itu siapa yang mau tanggung jawab,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, suasana di dalam KMP Terubuk tiba-tiba berubah gaduh dan panik setelah seorang kondektur bus memberitahu informasi bahwa kapal yang mereka tumpangi telah kemasukan air dan akan tenggelam.

Para penumpang yang panik saat itu langsung berebut baju pelampung di atas kapal.

Nahkoda dan ABK kapal yang melihat kejadian itu melalui CCTV langsung mendatangi para penumpang dan menenangkan mereka.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/28/183430678/sebar-hoaks-kapal-tenggelam-hingga-penumpang-panik-kondektur-bus-dilaporkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke