Salin Artikel

Pantau Pemudik Saat Libur Nataru, Rumah Warga di Banyumas Dipasang Stiker Khusus

BANYUMAS, KOMPAS.com - Anggota Polresta Banyumas menempelkan stiker khusus di rumah warga yang kedatangan pemudik pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kebijakan tersebut untuk memudahkan pendataan dan pemantauan terhadap pemudik, sehingga mengurangi potensi penyebaran Covid-19.

Kabag Ops Polresta Banyumas Kompol Aldino Agus Anggoro mengatakan, pendataan tersebut dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan pemerintah desa/kelurahan setempat.

"Mereka mendatangi rumah warga yang ada pemudik. Setelah didata petugas akan menempelkan stiker terkait data pemudik tersebut," kata Aldino kepada wartawan, Selasa (28/12/2021).

Aldino menjelaskan, stiker tersebut berisikan informasi jumlah pemudik, tanggal kedatangan dan kembali, status vaksinasi, serta hasil tes antigen atau PCR.

"Dengan pemasangan stiker ini, baik orang yang masuk maupun keluar bisa terdata. Sehingga bisa dilakukan langkah pencegahan penyebaran Covid-19 dengan cepat," ujar Aldino.

Selain mendata pemudik, Aldino melanjutkan, pihaknya juga melakukan tes antigen secara acak kepada pemudik di posko pelayanan yang telah didirikan.

Pos pelayanan tersebut tersebar di beberapa titik, yaitu perbatasan kabupaten, Alun-alun Purwokerto, dan kawasan wisata Baturraden.

"Bagi pemudik yang belum divaksin, kami juga menyediakan vaksin. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan dan menjaga masyarakat tetap aman dan sehat," kata Aldino.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/28/164647578/pantau-pemudik-saat-libur-nataru-rumah-warga-di-banyumas-dipasang-stiker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke