Salin Artikel

Video Viral Korban Banjir Naik Genteng Rumah Selamatkan Diri, Ini Lokasi Sebenarnya

SUMEDANG, KOMPAS.com - Video berdurasi 15 detik yang menunjukkan tiga pria, satu perempuan dan dua anak sedang menyelamatkan diri dari arus banjir dengan menaiki genteng rumah viral di WhatsApp, Jumat (24/12/2021) petang.

Dalam percakapan WhatsApp juga disebutkan bahwa kejadian tersebut terjadi di wilayah Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Supervisor Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Rully Surya S mengatakan, peristiwa dalam video tersebut benar adanya.

Akan tetapi, kata Rully, lokasi tepatnya bukan berada di Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Sumedang.

Video tersebut dialami satu keluarga di wilayah Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

"Itu di wilayah Cileunyi, (Kabupaten) Bandung. Memang lokasinya berbatasan langsung dengan Desa Cipacing," ujar Rully kepada Kompas.com, Jumat malam.

Rully menuturkan, Jumat sore, sejumlah desa di Kecamatan Jatinangor memang diterjang banjir.

"Banjirnya tak lama, sekarang sudah surut. Kami juga masih di lokasi," tutur Rully.

Rully menyebutkan, hasil asessmen, selain karena hujan deras dengan intensitas tinggi, banjir terjadi imbas adanya proyek Tol Cisumdawu.

"Dari hasil asessmen ada banjir lumpur yang masuk ke permukiman warga dan sawah itu akibat aktivitas pembangunan Tol Cisumdawu," kata Rully. 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/24/211831378/video-viral-korban-banjir-naik-genteng-rumah-selamatkan-diri-ini-lokasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke